Dandim 0410/KBL Bersama Forkopimda Lampung Ikuti Upacara Peringatan HUT TNI Ke-76 Yang dipimpin Presiden RI

Header Menu

Dandim 0410/KBL Bersama Forkopimda Lampung Ikuti Upacara Peringatan HUT TNI Ke-76 Yang dipimpin Presiden RI

Selasa, 05 Oktober 2021

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Komandan Kodim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes SE.,M.Si.,MM bersama Forkopimda Lampung serta tiga matra TNI yang ada di wilayah lampung mengikuti Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke-76 secara virtual, yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara, di Makorem 043/Gatam, Kota Bandarlampung, Selasa (5/10/2021).


Upacara HUT TNI digelar secara terpusat di halaman istana merdeka, Jakarta. Di lokasi upacara tampak hadir sejumlah pejabat negara, mulai dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kepala staf TNI dari tiga matra, serta para menteri.


Pada kesempatan tersebut, Presiden RI memberikan Tanda Kehormatan Republik Indonesia berupa Bintang Eka Paksi Nararya kepada Kolonel Inf Anwar (Wadanpusdiklatpassus Kopassus) dari TNI AD, Bintang Jalasena Nararya kepada Kapten Laut (T) Rohani Saporo Noor (Wadanden Satkopaska Koarmada I) dari TNI AL dan Bintang Swa Buana Paksa Nararya kepada Serka Wawan Agus Setiawan (Ba Pamfik Paspom Satpom Lanud Husein Sastranegara) dari TNI AU.


Dalam pidatonya, Jokowi, menyampaikan Kesigapan TNI ini juga saya minta untuk selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber dan ancaman biologi, termasuk juga ancaman bencana alam.

 


Jokowi menekankan penguatan budaya strategis, prajurit dan perwira TNI harus tetap menjadi pondasi utama transformasi pertahanan. Yaitu, TNI yang manunggal dengan rakyat, dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang defensif aktif dengan pertahanan berlapis dan memetakkan lompatan teknologi militer dan investasi pertahanan yang terencana.


Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia. 


Rakyat, bangsa dan negara kata Jokowi juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI, yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan pancasila dan UUD 1945 serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan. 


" Sekali lagi selamat HUT 76 TNI, selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu bersama kita. Dirgahayu TNI bersatu, berjuang kita pasti menang," ucapnya. (Pendim 0410/Kbl)