Komnas PA Bandarlampung Sambut Baik YLBH Kutub Berpartisipasi dalam Perlindungan Anak

Header Menu

Komnas PA Bandarlampung Sambut Baik YLBH Kutub Berpartisipasi dalam Perlindungan Anak

wartapalapa
Rabu, 16 Juni 2021

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Komnas Perlindungan Anak Kota Bandarlampung pada Rabu 16 Juni 2021 menerima kunjungan silaturahmi dari YLBH Kutub (Yayasan Lembaga Bantuan Hukum - Keadilan untuk Bangsa) di Sekretariat Komnas Perlindungan Anak Kota Bandarlampung. 


Rombongan YLBH Kutub disambut langsung oleh Ahmad Apriliandi Passa Ketua Komnas PA Bandarlampung, Fitra Ariyansah Koordinator Advokasi & Revormasi Hukum dan Riki Hendrawan Koordinator Bidang Sosialisasi. 


Kehadiran YLBH Kutub ke sekretariat Komnas PA Bandarlampung menurut Ketua YLBH Kutub Andhes Tan adalah untuk bersilaturahmi sekaligus menjalin sinergisitas dalam hal Perlindungan Anak di Kota Bandarlampung khususnya dan Provinsi Lampung pada umumnya. 

 


Atas kunjungan ini Komnas PA Bandarlampung mengaku menyambut baik dengan tangan terbuka karena tanggungjawab Perlindungan Anak adalah tanggungjawab bersama dari unsur pemerintah dan masyarakat, semakin banyak masyarakat atau penggiat perlindungan anak hal ini semakin baik terlebih pada tahun 2020 angka pengaduan masyarakat kasus anak di Komnas PA/LPA se-Lampung meningkat dari tahun ke tahun yakni sejak tahun 2016 (108 kasus), 2018 (121 kasus), 2019 (180 kasus) dan 2020 (198 kasus) Dari data tersebut disebutkan oleh Ketua Komnas PA Provinsi Lampung (Arieyanto Werta) adalah dominan dari kasus kekerasan seksual pada anak.  Hal ini senada dengan data yang ada di Komnas PA Bandarlampung sebanyak 9 dari 26 pengaduan kasus anak di tahun 2020 yang dijumpai adalah kejahatan seksual pada anak (hampir 40% dari kasus yang ada). 


Sambungnya lagi, "Oleh sebab itu Komnas PA setuju untuk dapat saling bersinergi dengan berbagai pihak termasuk YLBH Kutub, untuk bersama menekan angka kekerasan terhadap dan menangani bersama permasalahan anak di Kota Bandarlampung dan Provinsi Lampung yang dijumpai," sambungnya. 


Akhir dari pertemuan Komnas PA Bandarlampung dan YLBH Kutub adalah kata sepakat untuk saling bersinergi dan pertemuan diakhiri dengan pertukaran cinderamata. (Marli)