Mulai Serbuan Vaksinasi Dosis Ke-2, TNI AL Koarmada II Sasar Semua Lapisan Masyarakat

Header Menu

Mulai Serbuan Vaksinasi Dosis Ke-2, TNI AL Koarmada II Sasar Semua Lapisan Masyarakat

wartapalapa
Selasa, 03 Agustus 2021

  


Warta-palapa.com, Surabaya

Sebagai bentuk totalitas untuk membantu pemerintah melawan Covid-19 dengan pencapaian target herd immunity rakyat Indonesia, TNI Angkatan Laut gencar melaksanakan serbuan vaksinasi bagi semua lapisan masyarakat. Mulai dari masyarakat maritim di wilayah pesisir, masyarakat perkotaan, pekerja/ buruh pelabuhan dan kini para pekerja/ buruh pabrik.


Hari ini di bawah kendali Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han), Koarmada II kembali menggelar serbuan vaksinasi dosis ke-2 yang menyasar para pekerja pabrik dan juga masyarakat di wilayah Rungkut Surabaya, Selasa (03/08/2021).


Kegiatan yang dimulai pada siang hari ini, Koarmada II telah menyiapkan 220 dosis vaksin Sinovac tahap ke-2.Untuk kelancaran pemberian vaksin, dilibatkan tenaga kesehatan dari RSAL dr.Idris P.Siregar serta Tim Diskes Koarmada II sebagai vaksinator.


Pangkoarmada II yang meninjau  langsung di lapangan kegiatan serbuan vaksinasi, berharap dengan dimulainya vaksinasi massal dosis ke-2 terhadap seluruh lapisan masyarakat di Surabaya, maka dapat segera mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok sebagai bagian dari perlindungan tidak langsung dari paparan virus Covid-19. Karenanya Koarmada II dalam pekan ini telah menjadwalkan vaksinasi massal di sejumlah lokasi di wilayah Surabaya.

 


“Untuk pencapaian herd immunity yang ditargetkan Pemprov Jatim sebesar 70 % pada bulan Agustus, dijadwalkan dalam pekan ini Koarmada II akan menggelar serbuan vaksinasi di sejumlah lokasi. Selain Rungkut, rencananya kita akan laksanakan juga DBL Arena bersama Jawa Pos, dan Pelindo 3 di Perak. Waktunya berbeda, vaksinnya sama yakni Sinovac dosis ke-2. Tapi kita juga tetap siapkan yang dosis pertama apabila ada masyarakat yang belum vaksin sama sekali ikut mendaftar,“ jelas Laksda Iwan.


Laksda Iwan menambahkan jika pemberian vaksin dosis ke-2 sudah mulai dilaksanakan juga oleh Lantamal dan Lanal dibawah jajaran Koarmada II. Dan selama ini Koarmada II  sudah melaksanakan serbuan vaksinasi bagi masyarakat maritim yang berada di pulau pulau terpencil dengan melibatkan kapal perang, seperti yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di beberapa Pulah diwilayah kerja Koarmada II termasuk diantaranya Pulau Sapeken dan Pulau Bawean.


Dirinya menegaskan bahwa gencarnya serbuan vaksinasi yang dilakukan merupakan tindak lanjut terhadap perintah Pimpinan TNI AL yakni Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., kepada seluruh jajaran TNI AL tanpa terkecuali, untuk mengedepankan totalitas dalam membantu pemerintah pusat dan daerah menangani percepatan penanganan Covid-19 dan juga pencapaian target satu juta vaksin perhari demi terbentuknya herd immunity,  sehingga dengan rakyat yang sehat Indonesia menjadi kuat. (Pen2)