Ribuan Pekerja Maritim Di Perak Jadi Sasaran Vaksinasi Dosis Ke-2 TNI AL Koarmada II Bersama Pelindo 3

Header Menu

Ribuan Pekerja Maritim Di Perak Jadi Sasaran Vaksinasi Dosis Ke-2 TNI AL Koarmada II Bersama Pelindo 3

wartapalapa
Rabu, 04 Agustus 2021

  


Warta-palapa.com, Surabaya

Pantang surut, TNI Angkatan Laut melalui Koarmada II yang bekerja sama dengan Pelindo 3 kembali menggelar Serbuan Vaksinasi Maritim. Kali ini para pekerja di sektor maritim, pekerja Pelabuhan, juga masyarakat yang berada di sekitar wilayah Pelabuhan Tanjung  Perak Surabaya menjadi sasaran target.


Dalam serbuan vaksin yang digelar selama tiga hari di Gedung Gapura Surya Nusantara, sebanyak 1.000 dosis Vaksin jenis Sinovac diberikan kepada masyarakat. Namun kali ini TNI AL melalui Koarmada II sebagai penyedia vaksin, mulai fokus pada pemberian vaksinasi dosis ke-2. Dengan harapan dapat segera mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok sebagai upaya perlindungan tidak langsung dari penyakit menular seperti virus Covid-19. Dijadwalkan vaksinasi akan berlangsung dati tanggal 4 hingga tanggal 6 Agustus 2021 mendatang.


Di tempat terpisah, Pangkoarmada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) berharap dengan serbuan vaksinasi dosis ke-2 ini dapat membantu Pemprov Jatim mencapai target herd immunity sebesar 70% di bulan Agustus ini, sebagai langkah percepatan penanganan Covid-19.


Laksda Iwan menambahkan untuk sasaran target, tidak hanya masyarakat maritim saja tetapi seluruh lapisan masyarakat menjadi target pemberian vaksinasi oleh Koarmada II. “ Kami tidak membatasi kepada siapa (masyarakat), tapi siapa yang memerlukan itulah yang akan kami laksanakan. Kalau kemarin kita sudah melaksanakan vaksinasi di pulau-pulau terluar dan wilayah pesisir sebagaimana perintah Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., maka untuk saat ini Koarmada II menyasar pada masyarakat perkotaan, pekerja industri, dan pekerja pelabuhan atau sektor maritim, “ tutur orang nomor satu di Koarmada II ini.

 


Karenanya lanjut Laksda Iwan, selain di Pelindo 3, TNI AL Koarmada II direncanakan pada pekan ini akan menggelar serbuan vaksinasi dosis 1 dan 2 di DBL Arena dengan menggandeng Media Jawa Pos. Berikutnya dengan menggandeng Pemkot Malang, bakal digelar serbuan vaksinasi untuk masyarakat Malang di Stadion Gajayana. Sedangkan sebelumnya Koarmada II telah menggelar vaksinasi massal bersama Pemkot Surabaya dengan target 25.000 orang, di Lapangan Thor Stadion Gelora Pancasila. Juga pekerja industri di wilayah Rungkut dengan target 220 orang.


Sementara itu sebagai wujud totalitas dan optimalisasi membantu percepatan penanganan Covid-19, TNI AL tidak hanya fokus pada serbuan vaksinasi. Menurut Laksda Iwan, guna mengatasi krisis oksigen yang dialami masyarakat, saat ini telah beroperasi depo pengisian ulang oksigen yang bersumber dari dua kapal bantu rumah sakit milik TNI AL yakni KRI dr.Soeharso-990 dan KRI Semarang-594.


“Sama halnya dengan serbuan vaksinasi, untuk Satgas Bantuan Oksigen TNI AL Koarmada II akan terus kita operasikan selama masyarakat masih membutuhkan untuk penanganan Covid-19, “ tegas Pangkoarmada II. (Pen2)