Tingkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar Dari Virus Covid-19, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/WNS Latih Senam Kebugaran Fisik Para PMI Di Perbatasan

Header Menu

Tingkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar Dari Virus Covid-19, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/WNS Latih Senam Kebugaran Fisik Para PMI Di Perbatasan

Rabu, 04 Agustus 2021

  


Warta-palapa.com, Sanggau

Personel Kotis Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/WNS melatih senam kebugaran fisik para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sedang melaksanakan karantina di Terminal Barang Internasional (TBI) Entikong, Kab. Sanggau, Kalimantan Barat. 


Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/WNS, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau. Rabu (04/08/2021).


Dansatgas mengatakan, setiap PMI baik yang prosedural maupun yang non prosedural dari Malaysia ke Indonesia yang masuk melewati PLBN Entikong ataupun jalur tidak resmi wajib melaksanakan karantina selama 8 hari sesuai program Pemerintah Propinsi Kalbar bertempat di TBI Entikong, Kab. Sanggau.


Pada saat karantina selama 8 hari ini Satgas Pamtas melatih senam kebugaran fisik bagi para PMI setiap pagi dilanjutkan dengan berjemur di sinar matahari sebagai upaya untuk dapat meningkatkan imun sehingga terbebas dari paparan virus covid-19, jelas Dansatgas.


Adapun personel Kotis yang terlibat pengamanan di TBI berjumlah 4 orang ini bergantian setiap harinya mengajarkan senam kebugaran fisik dan juga memberikan pembinaan mental bagi para PMI sehingga diharapkan keluar dari karantina selama 8 hari mereka dapat pulang ke kampung halamannya dengan kondisi segar dan bugar, pungkas Dansatgas.

 


“Olahraga pagi bersama ini bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit, juga menyerap vitamin D dari sinar Matahari,” ujar Dansatgas.


Dansatgas menegaskan, para ahli kesehatan merekomendasikan bahwa kandungan vitamin D yang ada pada sinar Matahari dapat membantu menguatkan sendi-sendi tubuh, mengembalikan kebugaran serta menambah stamina untuk mencegah penyakit. Karena sinar Matahari meningkatkan imunitas tubuh supaya bisa lawan corona. Dan olahraga ini juga memiliki manfaat lain, yakni sebagai sarana menjaga kekompakan diantara para PMI.


Sertu Bagus salah satu personel Kotis yang melatih kebugaran fisik mengatakan pada saat ini terdapat 135 orang PMI yang sedang menjalani karantina di TBI Entikong, hal ini disebabkan di negara Malaysia sedang dilakukan lockdown sehingga banyak PMI yang sudah tidak bekerja lagi dan memilih pulang ke kampung halaman di Indonesia.


“Olahraga adalah kebutuhan, untuk itu selalu laksanakan olahraga supaya tubuh selalu sehat baik jasmani maupun rohani serta jauh dari penyakit, kegiatan ini pada intinya dilaksanakan untuk mempererat jalinan silaturahmi, “Selain itu, dengan berolahraga, kita juga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, terutama pada masa pandemi ini,” tuturnya. (Pen Satgas Pamtas 643)