Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air dan Wasbang, Koramil 410-03/TBU Gelar Pelatihan Pramuka Saka Wira Kartika

Header Menu

Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air dan Wasbang, Koramil 410-03/TBU Gelar Pelatihan Pramuka Saka Wira Kartika

wartapalapa
Sabtu, 25 September 2021

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Dalam rangka meningkatkan rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan, Babinsa Koramil 410-03/TBU Kodim 0410/KBL melatih Pramuka Saka Wira Kartika, bertempat di Makoramil 410-03/TBU Jalan Puri Gading, Kota Bandarlampung, Sabtu (25/9/2021)


Pada kesempatan itu, para pelajar setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tergabung dalam Pramuka Saka Wira Kartika Koramil 410-03/TBU Kodim 0410/KBL tampak antusias mengkuti materi Peraturan Baris Berbaris oleh Serda Mukhlis Babinsa Koramil 410-03/TBU Kodim 0410/KBL.


Kapten Cpl Made Diazmika, selaku Plh Danramil 410-03/TBU mengatakan, "anggota Saka Wira Kartika (SWK) merupakan wadah dalam memobilisasi kader bela negara yang berwawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945."

 


“ SWK  merupakan gerakan Pramuka di bawah binaan TNI AD bertujuan menciptakan kader-kader bangsa melalui pemberian pendidikan matra darat bagi gerakan pramuka melalui aksi nyata, produktif dan bermanfaat,” ujarnya.


Menurut Kapten Cpl Made, gerakan Kepramukaan memiliki peran strategis dalam pembentukan kader-kader bangsa sekaligus merupakan salah satu wahana pendidikan non formal dalam membentuk karakter bangsa bagi generasi muda. Karena didalamnya banyak menanamkan untuk ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, mengajarkan kerelaan untuk berkorban dan tolong menolong antar sesama.


“ Diharapkan gerakan pramuka tetap eksis dan solid dalam mendarmabaktikan karya dan sumbangsihnya demi pembangunan bangsa dan kejayaan NKRI,” pungkasnya. (Pendim 0410/Kbl)