Kasdim 0410/KBL Ikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-76 Tahun 2021

Header Menu

Kasdim 0410/KBL Ikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-76 Tahun 2021

Rabu, 10 November 2021

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Di lapangan Makorem Jln.Teuku Umar, Kota Bandarlampung. Kepala Staf Kodim 0410/KBL Letkol Inf Dr Imam Safei SH.,MH, mengikuti upacara peringatan hari Pahlawan ke-76 Tahun 2021, yang dipimpin oleh Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Dendi Suryadi SH.,MH, pada Rabu (10/11/2021).


Pada kesempatan itu, Kasrem Gatam Kolonel Inf Dendi Suryadi membacakan amanat Menteri Sosial RI di hadapan seluruh peserta upacara yang di awali dengan penyampaian rasa syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karuniaNya-lah, pada hari ini tanggal 10 November 2021 dapat bersama-sama memperingati Hari Pahlawan.


Lebih lanjut, dibacakan Kasrem. Negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali–kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan. Ratusan tahun kita terpecah–pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba.


"Kita sadar bahwa kita berbeda–beda, tetapi jangan sampai terpecah–pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928," ujarnya

 


Kita harus lebih maju dari tahun sebelumnya. Kita akan buktikan pada dunia, kalau bersama kita bisa mewujudkan cita–cita para Pahlawan. Karena kita bukan bangsa lemah, yang menerima kemerdekaaan sebagai hadiah penjajah, secara bersama kita mengalahkan dan mengusir balatentara terkuat dunia.


Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan ini harus kita contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan.


"Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”. tutupnya. 


Hadir dalam kegiatan upacara diantaranya yakni, para Kasi Jajaran Korem 043/Gatam, para Dansat Disjan wilah Korem 043/Gatam, dan Perwira staf Kodim 0410/KBL. (Rls/Marli)