Peduli Penyandang Tuna Wisma Yang Terlantar, Anggota Kodim 0410/KBL Evakuasi Suripto ke Panti Jompo Tresna Werdha

Header Menu

Peduli Penyandang Tuna Wisma Yang Terlantar, Anggota Kodim 0410/KBL Evakuasi Suripto ke Panti Jompo Tresna Werdha

wartapalapa
Selasa, 07 Desember 2021

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung 

Sebagai wujud kepedulian, Kodim 0410/KBL di bawah pimpinan Kasdim 0410/KBL Letkol Inf Dr. Drs Imam Safei SH.,MH, melakukan evakuasi terhadap seorang penyandang tuna wisma yakni Suripto (72) ke Panti Jompo Tresna Werdha Jln. Sitara, Natar, Lampung Selatan, Senin (06/12/2021)


Pada kesempatan itu Kasdim 0410/KBL menjelaskan bahwa Dandim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes SE.,M.Si.,MM telah menerima perintah dari Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Drajad Brima Yoga S.I.P.,MH, untuk melakukan evakuasi terhadap Suripto yang saat itu terlantar di Jalan Teuku Umar Kedaton Kota Bandarlampung.


"Jadi hal ini merupakan atensi dari Komandan Korem 043/Gatam sebagai wujud perhatian dan kepedulian beliau kepada Suripto. Menindak lanjuti hal tersebut kemudian kami bersama para Danramil Jajaran, Plh Pasi Intel, Lurah dan Babinsa langsung menuju lokasi dimana Suripto berada guna melakukan evakuasi dan membawanya ke Dinas Sosial," Kata Kasdim.


Kasdim menceritakan, bahwa saat sebelum dilakukan evakuasi keadaan Suripto sangat menyedihkan, sehingga kami hadir guna memberi pertolongan sehingga Suripto mendapat tempat yang lebih layak.


"Di usia Suripto yang tak lagi muda, tentunya sangat menyedihkan bagi kami melihat keadaan Suripto terlantar seperti itu. Oleh karenanya, kami bersama pihak terkait seperti Dinas Sosial, Puskesmas Kedaton dan relawan berniat memberi pertolongan kepada Suripto," Pungkasnya.


Saat di mintai keterangan, Suripto mengaku bahwa ia sudah hampir 2 tahun hidup terlantar tanpa tau arah dan tujuan pasca meninggalnya sang istri beberapa tahun lalu. Ia pun mengaku senang karena anggota Kodim 0410/KBL telah menitipkannya di panti jompo Trisna Asih.

 


"Saya tidak tau harus berbuat apa. Semuanya terasa hampa. Terimakasih TNI sudah membawa saya ke panti ini," Ucap Suripto


Sementara itu, Ika Pujianti Rahayu selaku Relawan TKSK Bandarlampung mengapresiasi upaya Kodim 0410/KBL dalam rangka kepeduliannya terhadap sesama.


"Alhamdulillah, saat ini Pak Suripto sudah kita titipakn di panti jompo Tresna Werdha setelah kita lengkapi surat-suratnya dari Dinas sosial Kota Bandarlampung. Insyaallah, beliau akan dirawat dan rehabilitasi sosial di panti ini. Beliau juga akan ditanggung oleh pemerintah di sini," Ucap Ika Pujianti.


Ika juga berharap, Suripto segera dapat bersosialisasi dengan warga panti tersebut. Sehingga kedepan Suripto tidak merasa sendiri karena banyak orang-orang baik di sekelilingnya.


"Mudah-mudahan di Panti ini Pak Suripto bisa segera bersosialisasi dengan rekannya yang lain sehingga kedepannya beliau tidak merasa sendiri,"Imbuhnya. (Rls/Marli)