Bantuan Erupsi Gunung Semeru dari Warga Lampung Sudah Tersalurkan

Header Menu

Bantuan Erupsi Gunung Semeru dari Warga Lampung Sudah Tersalurkan

Kamis, 20 Januari 2022

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Tiga hari pasca erupsi Gunung Semeru, armada kemanusiaan Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) berupa FoodBus dan FoodTruck sudah tiba dilokasi pengungsian di Kecamatan Candipuro Lumajang Jawa Timur. Kini warga terdampak erupsi tak perlu khawatir dengan kebutuhan makanan setiap hari. Nasi Kuning, lauk pauk dan air mineral tersaji apik dalam sebuah paket bento.


Tak hanya menunggu warga terdampak mengambil paket makanan, relawanpun dengan semangat mengantar hingga kerumah warga dilereng Gunung Semeru. Warga yang membersihkan puing-puing rumah tampak bahagia menikmati setiap suap dengan lahap. Disana jalanan tampak berwarna abu-abu sedikit gelap karena lahar panas yang sudah mengendap sehingga kendaraan relawan rentan terperosok.


Setelah kebutuhan pangan tercukupi, relawan juga terus berikhtiar memenuhi kebutuhan warga berupa hunian yang layak. Terletak disebuah tanah lapang Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, kerangka bangunan berbahan baja ringan mulai terlihat. Rencananya ratusan unit ditahap awal akan berdiri dilokasi tersebut. Warga juga tampak bergotong royong membuat batako yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan ICS.


Tangis haru juga dirasakan Ibu Salamah (69 tahun) ketika menerima bantuan rombong dagangan atau gerobak usaha setelah meja kecil yang digunakan untuk jualan gorengan tersapu material erupsi. Sebagai kepala keluarga dan tidak dapat membaca serta menulis membuat tak punya pilihan pekerjaan selain berjualan gorengan.

 


Sudah 20 tahun meja sederhana tersebut menampung makanan kecil seperti cilok dan kue-kue. Hasil yang didapatkan tidak banyak tapi dapat untuk makan dan biaya anak anak sekolah. Dengan logat bahasa Maduranya yang kental, Ibu Salamah menyambut relawan dengan senyumnya yang khas. Ibu Salamah diuji dengan penyakit reumatik yang membuat beliau susah berjalan. Dengan ujian tersebut tak menyurutkannya untuk tetap berjualan. Diantara Ibu Salamah, masih ada ratusan pedagang lain yang membutuhkan bantuan Wakaf Usaha Produktif.


Menurut Marketing Komunikasi ACT Bandarlampung Ari Prayoga, Bantuan pangan dan obat-obatan terus dikirim dari Cabang ACT se-Sumbagsel diantaranya 3 truk kemanusiaan Selain itu, 2.000 porsi makanan setiap hari diproduksi oleh Humanity FoodBus dan Humanity FoodTruck dibagikan kepada warga terdampak baik dipengungsian maupun disekitar rumah warga. Tak berhenti sampai disitu, ratusan unit Integrated Humanity Shelter (ICS) juga tengah dibangun dengan didahului aktivasi Sentra Pembuatan Batako. Relawan juga terus membersamai adik-adik terdampak dengan program Trauma Healing, Kamis (20/01/2022). 


Tampak keceriaan murid Taman Kanak-Kanak Darma Wanita bermain dengan relawan dari ACT Jambi, sembari memegang paket perlengakapan Sekolah dan Biskuit, adik-adik mengikuti arahan dari relawan. Program tersebut diharapkan dapat mengurangi rasa trauma pasca menyaksikan erupsi.


“Alhamdulillah, bantuan dari masyarakat Lampung Sudah disalurkan kepada warga yang membutuhkan, saat ini bantuan berupa program Recovery seperti pembangunan ICS masih terus berlangsung, dukungan terbaik dari sahabat dermawan masih dinanti warga terdampak,” tutupnya. (Rls/Marli)