Peduli Seni Budaya, DPP Jagat Buana Nusantara Sukses Gelar Jaran Kepang

Header Menu

Peduli Seni Budaya, DPP Jagat Buana Nusantara Sukses Gelar Jaran Kepang

Minggu, 09 Januari 2022

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Pentas Seni Budaya Jaranan Paguyuban Putro Cahaya Budoyo Gunung Sulah,  dilapangan parkir kolam renang Alung Tanjung Seneng, sukses digelar DPP Jagat Buana Nusantara, Minggu (09-01-2022).


Dewan Pimpinan Pusat Jagat Buana Nusantara mengawali tahun 2022, melaksanakan salah satu Program Kerja Departemen Seni Budaya dan Sosial dengan menggelar "Pentas Seni Budaya dan Sosial Jagat Buana Nusantara", berupa Pentas Seni Jaranan bekerjasama  dengan Paguyuban Putro Cahaya Budoyo Gunung Sulah Pimpinan Ki Bayu Samudro yang merupakan Praktisi di DPP Jagat Buana Nusantara.


Perlu diketahui Ormas Jagat Buana Nusantara bergerak di (4) empat bidang yaitu Bidang Seni Budaya, Sosial, Agama dan  Kemanusiaan, di Pimpin oleh Ketua Umum Fitriani dan Sekretaris Jenderal M.Arsan Noor, berpusat di Kota Bandarlampung dan sedang nengembangkan wilayahnya ke seluruh daerah di Indonesia.


Acara tersebut dihadiri tamu undangan dari unsur Kapolsek, Lurah, Kaling dan para RT, juga masyarakat  Tanjung Seneng, serta Pengurus DPP Jagat Buana Nusantara diantaranya Dewan Pendiri, Dewan Pengawas/Pembina, Ketua Umum, Sekretaris Jenderal, Para Wakil Ketua Umum, Wakil Bendahara Umum, Panglima, dan seluruh jajaran.


Acara di diawali Penyambutan Rombongan Ketua Umum dan Sekjen oleh  Paguyuban Jaranan Putro Cahaya Budoyo, dengan Kebo Giro hingga duduk dikursi, selanjutnya acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Jagat Buana Nusantara dan Senam Jagat Buana Nusantara, kemudian Doa di Pimpin Ustadz Marliadi Waketum Bid OKK, dilanjutkan Sambutan sambutan, pertama Laporan Panitia yang disampaikan Ketua Panitia Armiji Abusani. Kedua Sambutan Ketua Umum oleh Fitriani, Ketiga Sambutan dari Paguyuban Putro Cahaya Budoyo yang disampaikan oleh Bpk Ngadimin.


Dalam sambutannya Ketua Umum DPP JBN Fitriani (Pipit Lintang sapaannya) sangat terharu dan tersanjung atas pelaksanaan Pentas Seni Budaya yang digelar oleh panitia pelaksana, dalam pesan beliau, "Kita harus lebih giat lagi dalam pagelaran pagelaran Seni dan Budaya lokal maupun daerah sendiri untuk meningkatkan harkat dan martabat kebudayaan kita ditingkat Nasional," Singkatnya.

 


Ngadimin, mewakili Paguyuban Putro Cahaya Budoyo (PCB) Gunung Sulah megucapkan terimakasih karena PCB diangkat menjadi Seni Budaya Jagat Buana Nusantara dan dilibatkan dalam kepengurusan.


"Semoga dengan kearifan lokal tidak hanya jaranan, kedepan Seni Budaya asli daerah Lampung kita pentaskan juga Reog Ponorogo, Seni Budaya daerah lainnya, sehingga Jagat Buana Nusantara terkenal dengan Seni Budaya dan sosialnya," pungkasnya.


Menurut pengamat Seni dan Budaya Ismet, MS, "Jagat Buana Nusantara, kaya akan orang orang seni yang berprestasi ini dibuktikan dengan pagelaran tari Legong oleh Waketum Bidang Seni Budaya dan Sosial Ratih Budi Asih yang naik kepanggung dan langsung menghibur tamu undangan, Pengurus DPP JBN dan tIm jaranan dengan kolaborasi ini," pungkasnya.


Acara selesai ditutup dengan Ishoma untuk selanjutnya Pentas Seni Budaya diserahkan sepenuhnya ke Paguyuban Jaranan Putro Cahaya Budoyo Pimpinan Ki Bayu Samudro hingga malam hari. (Marli)