Menjunjung Kesetaraan, ACT Metro-Lampung Tengah Memberi Bantuan Alquran Braille ke Pondok Pesantren Tri Bakti Alqudwah

Header Menu

Menjunjung Kesetaraan, ACT Metro-Lampung Tengah Memberi Bantuan Alquran Braille ke Pondok Pesantren Tri Bakti Alqudwah

wartapalapa
Kamis, 03 Februari 2022

  


Warta-palapa.com, Metro

ACT Metro-Lampung Tengah menyambangi Pondok Pesantren Inklusif Tri Bakti Alqudwah yang berada di daerah Rejo Mulyo, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro, Kamis (03/02/2022). 


Dalam kunjungannya ACT Metro-Lampung Tengah memberikan bantuan Alquran Braille untuk para santri Tunanetra yang ada di Pondok tersebut. 


Dalam wawancara yang dilakukan tim ACT Metro - Lampung Tengah, penjelasan pimpinan pondok yaitu Ustadz Hamim Huda menjelaskan bahwa saat ini ada Sebanyak 50 santri yang tinggal, dimana setengahnya adalah para penyandang Disabilitas. “Saat ini setengah dari jumlah santri di Pondok adalah penyandang Disabilitas, mulai dari Tuna netra, Tunagrahita, Tunawicara, dan Tunadaksa.”


Dijelaskan pula bahwa menurutnya, Alquran Braille yang disalurkan saat ini berbeda dari Al Qur’an braille yang sebelumnya pernah diterima. 


“Alquran Braille yang ini lebih mudah digunakan, karena bisa menuntun para pembaca yang sedang belajar, jadi tidak hanya mendengar membaca dengan meraba namun di tuntuk melalui murottal yang ada di Al Qur’an Braile Digital ”, ujar Ustadz Hamim. 

 


Dijelaskan terpisah oleh wawan, selaku santri yang kebetulan seorang penyandang Tunanetra. “Alquran yang ini enak mas, kita lebih mudah menggunakannya, bisa dituntun juga, jadi lebih gampang belajarnya”, ujar wawan. 


Kepala cabang ACT Metro-Lampung Tengah  Regina Locita Pratiwi juga mengatakan bahwa saat ini Lembaga terus berupaya untuk memberi lebih banyak manfaat, khususnya para penyandang disabilitas. “kita terus berupaya untuk terus bisa memberi lebih banyak manfaat, terlebih untuk kawan-kawan disabilitas. Karena terkadang banyak yang melakukan kebaikan, tapi kawan-kawan disabilitas sering terlupakan”, ujar Regina.


Implementasi Wakaf Alqur’an Braile ini merupakan bentuk Implementasi Kolaborasi bersama Startup Alquran berbasis digital. Qur’an Best dalam bentuk Penggalangan dana Wakaf Mushaf Al Qur’an Braile untuk Santri Tunanetra di Area Metro-Lampung Tengah. Alquran digital yang diberi nama Quran Best Indonesia memiliki banyak fitur yang bisa memudahkan masyarakat membaca kitab suci Alquran kapan dan dimana pun. Selain itu disediakan juga bagi pengguna yang ingin membaca dengan khat Madinah. Fitur lainnya adalah disediakannya Quran per kata sisip baris didalamnya. Yang tersedia melalui Play Store di Android Anda. (Marli)