Jasa Tirta II Ikut Bentuk Bank Sampah dan Penanaman Pohon

Header Menu

Jasa Tirta II Ikut Bentuk Bank Sampah dan Penanaman Pohon

Rabu, 30 Maret 2022

  


Warta-palapa.com, Lombok Tengah

Sebelum gelaran MotoGP Mandalika 2022, Jasa Tirta II ikut melakukan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berkolaborasi dengan 7 BUMN lainnya yaitu Pegadaian, Danareksa, AirNav Indonesia, Garuda Indonesia, Reasuransi Indonesia Utama dan Askrindo. 


TJSL disalurkan dengan membentuk dan mengelola Bank Sampah Putri Nyale di Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bertujuan menciptakan Masyarakat Desa peyangga Mandalika yang peduli terhadap kebersihan lingkungan (tidak buang sampah sembarangan) dan dapat mengelola sampah secara lestari. 


Pada tanggal 25-27 Maret 2022, 10 relawan program Bakti BUMN mengelola sampah yang menumpuk usai Gelaran MotoGP Mandalika 2020 di Bank Sampah Putri Nyale. Acara ini juga dihadiri oleh Plt. Asdep TJSL Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono dan perwakilan BUMN lainnya seperti Pegadaian, Jasa Marga, ITDC, Danareksa, Jasa Tirta II, AirNav Indonesia, Garuda Indonesia, Reasuransi Indonesia Utama dan Askrindo. 


Keikutsertaan Jasa Tirta II pada program Bank Sampah Putri Nyale ini sebagai bentuk kepedulian sosial untuk membantu Masyarakat dan menjaga lingkungan melalui keterlibatan aktif dalam pelaksanaan program Tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), khususnya di Desa Kuta Mandalika dengan meningkatkan kesadaran pentingnya pemilahan sampah melalui program Bank Sampah. 

 


Kegiatan Program Bakti BUMN memilih tema "Bakti BUMN untuk Indonesia. Pilah Sampah untuk Mandalika Maju" karena melihat Sampah yang menumpuk di kawasan Mandalika sehingga diperlukan aksi untuk menyelesaikan permasalahan Sampah di daerah tersebut. 


Pengelolaan Sampah di Mandalika dilakukan secara lebih terstruktur dengan memilah sampah dan mengkonversi nilai ekonomi terhadap sampah yang bekerja sama dengan masyarakat desa Kuta Mandalika dan Badan Usaha Milik Desa Kuta Mandalika.


Selain Bank Sampah, Jasa Tirta II juga mengikuti kegiatan penanaman pohon sejumlah 6.071 pohon berkolaborasi dengan 18 BUMN lainnya di sepanjang jalan Arah BIL sampai dengan Bundaran Labulia Kabupaten Lombok Tengah dengan jenis pohon Tabebuya, Ketapang kencana, ketapang, Trembesi, Bougenville. (Marli/Rls)