Koramil 410-01/Panjang Siapkan Kampung Pancasila Diwilayah Binaan

Header Menu

Koramil 410-01/Panjang Siapkan Kampung Pancasila Diwilayah Binaan

Rabu, 16 Maret 2022

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Dalam rangka penyiapan Kampung Pancasila, Anggota Koramil 410-01/Panjang laksanakan pemasangan benner yang bertempat di Vihara Tri Ratna di Jalan Selat Malaka 1 Kelurahan Panjang Selatan Kota Bandarlampung. Rabu (16/03/2022)


Pelda Rustam Effendi selaku Danpos Koramil 410-01/Panjang mengatakan, latar belakang terbentuknya Kampung Pancasila untuk menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagi pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara, sebagai contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, sebagai contoh sikap toleransi antar umat beragama, sebagai contoh hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan agama, suku, dan ras dan adanya kerukunan dalam masyarakat di daerah yang dipilih sebagai Kampung Pancasila.

 


“Adapun tujuan dibentuknya Kampung Pancasila ini diantaranya, untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas, untuk semakin menumbuhkan kerukunan antar masyarakat di Pancasila, karena penduduknya beragam, untuk menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika, untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila dan untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara,”Tuturnya. 


Kami juga mengharapkan dari adanya program Kampung Pancasila adalah untuk meningkatnya kecerdasan masyarakat. Proses interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila akan membentuk pribadi yang unggul. Pengembangan budaya melalui Pancasila juga akan menghasilkan kecerdasan spiritual. Lalu, pengembangan sosial akan menghasilkan kecerdasan emosional, dan pengembangan ilmiah akan menghasilkan kecerdasan intelektual. (Marli/Rls)