Dukung Ketersediaan Air Bersih, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bantu Pipanisasi Air Bersih Ke rumah Warga Perbatasan

Header Menu

Dukung Ketersediaan Air Bersih, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bantu Pipanisasi Air Bersih Ke rumah Warga Perbatasan

wartapalapa
Minggu, 24 April 2022

  


Warta-palapa.com, Sanggau

Guna mendukung ketersediaan air bersih ke Rumah warga, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns melakukan kegiatan pipanisasi air bersih dari sumber mata air menuju ke rumah warga di Dusun Merau, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau. 


Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau.


Dansatgas mengungkapkan kegiatan pipanisasi ini dilakukan oleh 5 orang Pos Entabang dipimpin Danpos Sertu Akhmad Hudani bergotong royong bersama warga memasang pipa di sepanjang mata air menuju ke rumah warga Dusun Merau, Desa Entikong pada Minggu (24/04/2022).


Di Dusun Merau sudah lama mengalami krisis air bersih dimana warga biasa mengambil air dari sungai Sekayam, namun karena beberapa bulan terakhir keruh sehingga tidak layak di konsumsi. Warga kemudian mengambil air di pegunungan dengan jarak kurang lebih 1,5 Km dengan kondisi jalan yang susah di tempuh, hal ini membuat Danpos Entabang bersama Pemerintah Desa bersinergi untuk menuntaskan permasalahan air bersih tersebut, jelas Dansatgas.


Gotong royong ini untuk membantu masyarakat berkaitan dengan kebutuhan air bersih, semoga dengan dipasangnya pipa air ini dapat mencukupi kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat, selain itu kegiatan ini meningkatkan nilai gotong royong di masyarakat khususnya dengan personel Satgas, ucap Dansatgas.

 


“Walaupun sedang berpuasa anggota Satgas Pamtas bersama warga tetap bersemangat bahu membahu memasang pipa air bersih ke rumah warga, semoga hal ini menjadi ladang amal bagi kita sekalian,” ujar Dansatgas.


Terpisah Danpos Entabang Sertu Hudani mengatakan "sebanyak 67 batang pipa air bersih dipasang pada kegiatan itu, dengan harapan dapat mengalirkan air dari sumber mata air yang ada di pegunungan ke bak penampungan dan selanjutnya dialirkan ke rumah-rumah Masyarakat."


Kepala Dusun Merau Bennidikus (43 th) menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dari personel Satgas Pamtas Pos Entabang tersebut. Warga sangat terbantu dengan kehadiran personel Satgas dalam pemasangan pipa air di Dusun Merau.


“Sekali lagi terima kasih bapak-bapak TNI, mudah-mudahan masyarakat akan segera bisa menikmati air bersih untuk keperluan sehari-hari,” pungkasnya (Pen Satgas Pamtas 643)