Kapolda Lampung Pimpin Rapat Kesiapan, Dalam Menghadapi Arus Mudik Lebaran Tahun 2022

Header Menu

Kapolda Lampung Pimpin Rapat Kesiapan, Dalam Menghadapi Arus Mudik Lebaran Tahun 2022

Selasa, 26 April 2022

  


Warta-palapa.com, Lampung Selatan

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro sugiatno pimpin rapat kesiapan, dalam menghadapi arus mudik lebaran tahun 2022, yang dilaksanakan di pos terpadu Bakauheni Lampung Selatan, Selasa (26/04/2022) sore. 


Dalam rapat tersebut, di hadiri oleh Karo Ops, Dirlantas, Kabid Propam, Kabid TIK, Dirresnarkoba, Dansat Brimob Polda Lampung, Kapolres Lampung Selatan, Kadis Perhubungan Provinsi Lampung, Kepala ASDP dan kepala Cabang Jasa Raharja Provinsi Lampung.


Dalam arahannya Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno mengatakan, Hasil dari pertemuan saya dgn beberapa Menteri, Panglima dan Kapolri yang perlu kita sikapi tentang hal mudik, adalah pada saat Arus baliknya. 


Kemudian, masalah Posko terpadu, bagaimana pos ini harus  bisa melihat semua situasi yang ada di Bakauheni, dan harus ada CCTV yang terkonek dan Rest area harus juga harus terkonek dengan  Pos terpadu ini untuk melihat arus yang terjadi, ujar Hendro. 


"Arus Laut dan dengan pergerakan Kapal, dan posisi kapal harus jelas posisinya, Semuanya itu terpantau di Pos terpadu ini", ucap Hendro. 


Saya ucapkan, terima kasih pada ASDP dgn adanya Pos terpadu ini. Dari Menteri kesehatan minta dihadirkan pos kesehatan dan minta tenaga kesehatan di setiap Kapal-kapal penyebarangan.dan dipelabuhan ada pos-pos kesehatan yg bisa diakses oleh pemudik, kata Kapolda. 


"Dan di Rest Area juga disiapkan Pos-pos kesehatan untuk mempermudah pemudik mengaksesnya", lanjutnya. 


Hendro juga  menjelaskan tentang masalah pergerakan arus mudik, yang masuk ke Pelabuhan Bakauheni, perlu dipertimbangkan tempat keluarnya, karena bisa menyebabkan Kemacetan, Kami yakin akan jadi masalah nantinya. 

 


Antisipasi pengendara sepeda motor baik yang arus mudik maupun arus balik, Tanggal kembalinya pemudik pada tanggal 8 dan 9 Harus kita antisipasi, ujar Hendro. 


Kesempatan tersebut, Kapolda memberikan penekanan kepada Kasat Lantas Polres Lampung Selatan, harus punya inisiatif, antisipasi arus lalu lintas, dibagi dengan menggunakan tali, mana yang lintas motor dan mana lintas Mobil kemudian dicek dengan benar rekayasanya.


"Perhatikan tempat Masyarakat atau penumpang yang  menunggu naik Kapal, bagi pengguna motor disiapkan Tendanya, agar Masyarakat pengguna motor tidak kepanasan", kata Hendro menegaskan. 


Atur dengan benar arus rekayasanya, jangan sampai menumpuk di Pelabuhan Bakauheni, siapkan tempat menunggu yang baik dan nyaman bagi Masyarakat pengguna jalan yang menggunakan kendaraan Roda empat dan roda dua. 


Disisi lain Kapolda Lampung meminta agar perbaikan di dermaga Exsekutif dapat dipercepat, karena dapat menganggu penumpang yang akan turun dari Kapal, maupun kendaraan yang akan turun dari kapal, karena antrian itu akan mempengaruhi kecepatan arus lalu lintas. 


Di setiap Rest area harus di siapkan portable closet, untuk mempermudah masyarakat pengguna jalan yang akan buang air, dan perlu diantisipasi apa bila ada kemacetan, minimal portable closet tersebut, tersedia di pinggir jalan tol, tandasnya. 


"kemudian Saya minta untuk dijalan Tol, disisi jalan tidak boleh dijadikan Parkir, hal tersebut akan menyebabkan kemacetan, apa bila semua kendaraan yang akan istirahat, menggunakan sisi jalan tol tersebut, tutup Hendro. (dn/penmas)