Polda Lampung Kawal Kepulangan PMI Yang Terdampar di Turki

Header Menu

Polda Lampung Kawal Kepulangan PMI Yang Terdampar di Turki

wartapalapa
Rabu, 27 April 2022

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Polda Lampung mengawal kepulangan 4 orang dari 11 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Lampung yang telantar di Turki. Mereka kini sudah tiba di Kantor Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Bandarlampung.


Empat PMI tersebut adalah Bambang Kurniawan, Yuli Winata, dan Muhammad Ikhwanul Muslimin, asal Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) dan Imam Taufik Hidayat asal Kabupaten Tulangbawang.


Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno melalui Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dengan BP2MI guna menjamin kepulangan seluruh PMI asal Lampung.


"Tetapi tak bisa langsung seluruhnya, harus bertahap. Empat dulu," kata Pandra di kantor BP2MI, Rabu (27/04/2022) malam.


Pemulangan bertahap tersebut dilakukan karena pemesanan tiket pesawat menggunakan e-commerce tidak bisa langsung dalam jumlah banyak.

 


"Namun, kita akan mengawal kepulangan PMI asal Lampung itu sampai ke kampung halaman," kata dia.


Ia menambahkan, polisi juga akan meminta keterangan para korban guna mengungkap pemberangkatan pekerja migran secara ilegal.


"Tugas kita pengawalan dan penyelidikan," katanya.


Setelah itu, kata dia, polisi akan mengejar para pelaku yang memuat para PMI telantar di Turki dan mencari tahu sponsor atau biro jasa telah melakukan pemberangkatan secara ilegal. (Marli/Rls)