Ramaikan Ramadhan, PLN Gelar Bazar UMKM Rumah BUMN Bandarlampung

Header Menu

Ramaikan Ramadhan, PLN Gelar Bazar UMKM Rumah BUMN Bandarlampung

Rabu, 06 April 2022

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Manager PLN UP3 Tanjung Karang, Zamzami bersama Rumah BUMN kota Bandarlampung resmi membuka gelaran bazar ramadhan yang bertemakan Semarak Ramadhan Bersama UMKM Mitra Binaan Rumah BUMN Bandarlampung (06/04/2022).


Antusias yang tinggi dari peserta, Bazar UMKM ini diikuti oleh 120 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang juga merupakan anggota Rumah BUMN kota Bandarlampung. Kendati demikian, untuk meminimalisir kerumunan, dari 120 peserta bazar tersebut dilakukan secara bergantian dan terjadwal.


Zamzami menyampaikan kegiatan bazar ini harus dapat memberikan manfaat bagi peserta UMKM dan masyarakat sekitar, mengingat UMKM memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara. UMKM sudah terbukti sebagai usaha yang mandiri dan sangat bertahan dalam menghadapi berbagai krisis ekonomi, jadi menurut Zamzami sudah selayaknya UMKM didukung secara penuh.


Bazar yang berlangsung di halaman kantor PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Karang ini digelar mulai tanggal 5 hingga 25 April pada pukul 15.00-18.30 WIB. Bazar ini menjajakan produk UMKM mulai dari menu takjil untuk berbuka puasa, makanan ringan dalam kemasan hingga hasil kerajinan tangan.


"Bazar ini juga merupakan bentuk dukungan dan tanggung jawab PLN bersama Rumah BUMN terhadap perkembangan UMKM terutama yang menjadi anggota Rumah BUMN," ujar Zamzami.

 


Dia mengajak masyarakat untuk meramaikan bazar UMKM ini, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.


Zamzami menambahkan, selain UMKM yang mengikuti Bazar Ramadhan ini, bagi masyarakat terutama pelanggan PLN yang membutuhkan produk UMKM lainnya, kini didalam aplikasi PLN Mobile sudah terdapat fitur Marketplace yang memasarkan produk-produk UMKM secara digital.


"PLN mobile bukan hanya untuk melayani pelanggan PLN dari pasang baru, tambah daya, bayar listrik, beli token hingga pengaduan saja, sekarang sudah ada menu marketplace yang menjual produk UMKM, segera manfaatkan itu" imbuhnya.


Sementara, Wahyuni Arsyad sebagai pelaku UMKM Es Pisang Ijo Daeng Yuni mengatakan Dia sangat senang sudah difasilitasi oleh PLN dan Rumah BUMN. Bertepatan dengan bulan Ramadhan, Dia mengakui melalui bazar Ramadhan ini dapat menarik pengunjung  sehingga harapannya dapat meningkatkan omset usahanya.


"Kami sangat bersyukur, banyak manfaat selama kurang lebih dua tahun kami bergabung dengan teman-teman UMKM lainnya di Rumah BUMN Bandarlampung ini, kami sudah mendapatkan dukungan pelatihan kewirausahaan hingga pemasarannya," pungkasnya. (Marli/Rls)