Kapolda Lampung Ikuti Rakor Lintas Sektoral Pimpinan Asops Kapolri Dalam Hadapi Arus Balik

Header Menu

Kapolda Lampung Ikuti Rakor Lintas Sektoral Pimpinan Asops Kapolri Dalam Hadapi Arus Balik

Rabu, 04 Mei 2022

  


Warta-palapa.com, Lampung Selatan

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno ikuti rakor lintas sektoral pimpinan Asops Kapolri dengan agenda kesiapan menghadapi arus balik pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022.


Rakor via zoom meeting tersebut dilaksanakan di Pos Terpadu Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Rabu (04/05/2022) siang.


Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menyampaikan, tujuan dari rakor ini akan membahas persiapan untuk menghadapi arus balik Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022, dengan harapan arus balik berjala dengan lancar.


"Untuk itu, mari kita mengevaluasi kesiapan kita dalam menghadapi arus balik ini, dengan harapan personil kita sudah siap, khususnya Polda-Polda yang menghadapi lonjakan arus mudik dan arus balik," kata Agung.


Masih kata Agung dalam rakor, "dan melihat hal-hal apa yang harus kita persiapkan, dan kita mengevaluasi kira-kira apa yg masih kurang kita perbaiki, dan yang sudah baik harus kita pertahankan," imbuhnya.


"Kita mengantisipasi H+5 ini merupakan arus balik, kita akan tingkatkan koordinasi dengan instansi yang terkait, dan personil dilapangan harus sudah siap. Kami ucapkan terimakasih kepada jajaran, menurut data kami tingkat kecelakaan tahun ini lebih rendah dari tahun kemarin," jelasnya.

 


Dalam waktu yang bersamaan, pukul 11.00 WIB Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima kunjungan Menteri BUMN Erick Thohir,  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,  Menteri Koordinator Pembangunan Manusia Muhajir Effendy dan Kakorlantas Polri  Irjen Pol Firman Shantyabudi untuk melaksanakan peninjauan secara langsung ke kantor ASDP, yang dilanjutkan meninjau Pos Terpadu Pelabuhan Bakauheni dan meninjau dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni serta meninjau jalur kendaraan roda dua di terminal reguler.


Menurut catatan dari Menteri Perhubungan, jumlah penumpang yang melaksanakan arus mudik maupun arus balik yang menggunakan angkutan penyebarangan melibihi penumpang pada transportasi lainya, dan berdasarkan catatan jumlah penumpang mencapai 1,6 juta penumpang, baik dipelabuhan Bakauheni maupun di Pelabuhan Merak.


" Menurut catatan saya, jumlah penumpang yang melaksanakan arus mudik maupun arus balik yang menggunakan angkutan penyebarangan melibihi penumpang pada transportasi lainya mencapai 1,6 juta penumpang, baik dipelabuhan Bakauheni maupun di Pelabuhan Merak," kata Budi Karya Sumadi.


Selain itu Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengimbau kepada petugas yang berada di lapangan, agar bertugas memberikan kelancaran dan  pelayanan pada arus mudik dan selanjutnya pada saat arus balik.


"Mengigat perkiraan arus mudik dan arus balik nanti yang cukup tinggi, dan apa yang telah dilakukan oleh personil kami dilapangan tidak akan berjalan dengan lancar dan baik, apabila tidak ada peran serta dan kerja sama dengan stakeholder serta peran serta masyarakat yang melaksanakan mudik dan arus balik," imbuh Firman. (gnd/penmas)