Peduli Petani, Soksi Provinsi Lampung Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Hayati

Header Menu

Peduli Petani, Soksi Provinsi Lampung Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Hayati

Kamis, 14 Juli 2022

   


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Peduli kepada Petani, Organisasi kemasyarakatan Soksi Provinsi Lampung menggelar pelatihan pembuatan Pupuk Hayati di Pemancingan Intan Rajabasa Jaya Kota Bandarlampung, Kamis (14/07/2022). 


Kegiatan Pelatihan tersebut dibuka oleh Sekretaris Depidar VII Soksi Lampung (Benson Wertha). 


Sudiyanto selaku Wakil Ketua Depidar VII Soksi Lampung mewakili Ketua Depidar VII Soksi Lampung ( Azwar Yacub ) menyampaikan "kegiatan pelatihan pembuatan pupuk Hayati ini merupakan bentuk kepedulian Soksi Lampung Kepada para Petani yang ada di Provinsi Lampung untuk meningkatkan Kesejahteraan di bidang Pertanian."


"Dengan adanya pelatihan pembuatan Pupuk Hayati ini, semoga Bapak dan Ibu Petani dapat mengambil Ilmunya dan dapat di terapkan dalam bertani, sehingga dapat mensejahterakan Keluarga," Pungkas Sudiyanto. 

 


Heru Suharyono selalu Kabid di Dinas Pertanian mengatakan "Kami menyambut baik ada nya pelatihan pembuatan Pupuk Hayati ini dari Soksi karena ada alternatif dalam penggunaan pupuk, dengan adanya pupuk Hayati ini kita bisa beralih dari pupuk kimia ke Pupuk Hayati dengan tidak mengurangi hasil panen, dan Kami berharap kepada Soksi untuk dapat membantu dalam proses Pemasaran nya."


Tonny Saritua Purba selaku Ketua Bidang Tani dan Nelayan Depinas Soksi memberikan penyuluhan dan Pelatihan langsung kepada para petani yang berada di Kelurahan Rajabasa Jaya Kota Bandarlampung. 


Tonny menyampaikan "Pupuk Hayati dibuat dengan biaya yang sangat minim namun dapat menghasilkan produksi yang sangat Maximal bagi para petani, Pupuk Hayati ini terbuat dari Bonggol Pisang, Air Beras dan Gula Merah, yang sangat mudah didapatkan di lingkungan sekitar kita."

 


"Dengan menggunakan Pupuk Hayati ini sangat membantu sekali Kepada para Petani untuk meningkatkan Produksi hasil pertanian nya, karena Pupuk Hayati ini dapat menyuburkan Tanah, berbeda dengan pupuk Kimia dan Organik yang hanya menyuburkan Tanaman," Ujar Bang Tonny Sapaan akrab nya. 


Para petani yang hadir dalam pelatihan Pembuatan Pupuk Hayati sangat antusias sekali dan banyak pertanyaan yang di tujukan kepada Ketua Bidang Tani dan Nelayan Depinas Soksi. 


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Heru Suharyono Kabid di Dinas Pertanian, Susi Susetyawati Penyuluh Pertanian, Tri Heryanto Kepala Cabang Dinas Pertanian, Mahasiswa Unila, serta para pengurus Soksi Lampung, Gerakan Perempuan Soksi, dan Baladhika Karya Soksi Lampung. (Marli)