Kodim 0410/KBL Menggelar Lounching Tungku Pembakaran Sampah

Header Menu

Kodim 0410/KBL Menggelar Lounching Tungku Pembakaran Sampah

wartapalapa
Kamis, 18 Agustus 2022

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Komando Distrik Militer (Kodim) 0410/KBL menggelar lounching Tungku Pembakaran Sampah di Jalan Ikan Bawal, Kelurahan Pesawahan Telukbetung, Kota Bandarlampung, pada Kamis (18/08/2022)


Untuk diketahui, pembuatan tungku pembakaran sampah tersebut merupakan gagasan Komandan Kodim (Dandim) 0410/KBL Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi untuk mengurangi dan mengatasi problematika limbah sampah yang terjadi di Bandarlampung.


"Kita ketahui bersama bahwasanya sampah ini menjadi persoalan yang sangat serius termasuk di Kota Bandarlampung sehingga kita dari jajaran Kodim 0410/KBL berusaha untuk mengambil bagian menjadi solusi terhadap permasalahan sampah ini," ujar Dandim 0410/KBL.


Menurutnya, tungku pembakaran sampah ini sangatlah sederhana dan mudah di operasionalkan serta menggunakan bahan yang mudah didapatkan, namun sangat efektif dalam mengurangi sampah.


"Alhamdulillah, pada hari ini kita sudah bisa mengoperasionalkan tempat pembakaran sampah di Kelurahan Pesawahan - Bandarlampung. Tungku pembakaran sampah ini menggunakan bahan bakar oli bekas atau batok kelapa," Ungkapnya. 

 


"Dengan bahan bakar yang sangat minim, namun mampu membakar sampah kurang lebih 4 sampai dengan 5 ton dalam waktu 2 Jam," sambungnya


Ia berharap, kedepan masalah sampah yang ada di kota Bandarlampung bisa segera teratasi.


Dijelaskan Dandim, gagasan tungku pembuatan sampah ia dapatkan dari satuan Kodim 0811/Tuban yang terlebih dahulu membuat tungku tersebut untuk mengatasi limbah sampah yang ada di Tuban, Jawa Timur.


"Kemudian tadi juga mendapat respon positif dari Walikota Bandarlampung dengan memberikan ruang untuk melaksanakan sosialisasi kepada seluruh camat dan lurah. Mudah-mudahan ini bisa dilakukan di tiap Kecamatan dan bahkan sampai kelurahan, sehingga bisa mengurangi sampah-sampah yang ada di Kota Bandarlampung," tutupnya.


Hadir dalam kegiatan lounching antara lain Walikota Bandarlampung Eva Dwiana bersama Forkopimda setempat, Danramil 410-02/TBS Mayor Inf Suprapto, Wadanramil 410-02/TBS Lettu Chb Suyatno, Lurah Pesawahan, Kapok Tuud Kodim 0410/KBL Peltu Wijianto dan tokoh Masyarakat sekitar. (Marli/Rls)