Mingrum Gumay Dampingi Puan Maharani Lakukan Pelepasan Ekspor Nanas di GGP

Header Menu

Mingrum Gumay Dampingi Puan Maharani Lakukan Pelepasan Ekspor Nanas di GGP

Rabu, 24 Agustus 2022

  


Warta-palapa.com, Lampung Tengah

Ketua DPRD Lampung dampingi Ketua DPR RI lakukan kunjungan kerja (Kunker) serta pelepasan ekspor nanas oleh PT. Great Giant Pineapple (GGP) yang dilaksanakan di Gudang Factory GGP, Rabu (24/08/2022) 


Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay SH., MH mengapresiasi GGP yang menghasilkan produk asli lokal (Lampung) yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun mancanegara.


" Tadi kita berkeliling melihat bagaimana proses yang ketat dilakukan oleh GGP dalam rangka memastikan produk yang keluar hingga sampai di tujuan tetap dalam kondisi baik dan layak, semuanya dilakukan sangat hati-hati " Ujar Mingrum


Ia juga menjelaskan GGP telah ikut serta berpartisipasi dalam melakukan penyerapan tenaga kerja dengan memberikan kesempatan SDM yang berada di lingkungan kerjanya menjadi skala prioritas. 


" Tadi ngobrol dengan salah satu karyawan nya, ternyata GGP memberikan skala prioritas terhadap masyarakat sekitar yang ingin bergabung di perusahaan buah ekspor ternama ini " kata Mingrum


Terakhir, ia meminta untuk menjaga keharmonisan, kesejukan dan meningkatkan sinergitas kepada petani plasma agar tercipta kolaborasi yang saling menguntungkan sehingga berdampak terhadap peningkatan ekonomi. 


" Membangunnya melalui persamaan persepsi dalam bingkai semangat gotong royong, dengan kolaborasi yakinlah muncul energi yang baru sehingga efek positif nya akan berdampak luas " Imbuhnya

 


sementara,Ketua DPR RI Puan Maharani  menyebutkan kemajuan di sektor ini akan meningkatkan perekonomian Indonesia.


“Hubungan inti dengan plasma di Lampung seperti di GGPC menjadi bukti bahwa Indonesia bisa berperan strategis dalam perdagangan tingkat dunia ketika kita bergotongroyong,” sebutnya.


Selanjutnya Puan melepas truk kontainer yang akan membawa produk olahan nanas untuk diekspor ke benerapa begara Eropa dan Timur Tengah. Pelepasan ekspor olahan nanas dilakukan dengan tradisi pecah kendi.


Ekspor olahan nanas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir memang cukup besar, bahkan mengalahkan Thailand, Filipina, dan Amerika Latin. Nilai ekspor nanas dari PT GGP sebesar kurang-lebih Rp 87 miliar pada 2020 dan meningkat menjadi Rp 151 miliar pada 2021. 


Negara tujuan utama ekspor nanas dari Lampung adalah HongKong, Korea Selatan, Taiwan, China, Jepang, sejumlah negara dk Eropa dan Timur Tengah. Argentina juga menjadi tujuan ekspor nanas dari Lampung yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.


“Hasil produk buah Indonesia jangan sampai kalah dengan asing dari segi kualitas, pengemasan, dan branding,” imbau Puan. (Marli/Rls)