Gempa Magnitudo 6,0 SR Guncang Tapanuli Utara, PLN Gerak Cepat Pulihkan Sistem Kelistrikan

Header Menu

Gempa Magnitudo 6,0 SR Guncang Tapanuli Utara, PLN Gerak Cepat Pulihkan Sistem Kelistrikan

Sabtu, 01 Oktober 2022

  


Warta-palapa.com, Medan

PT PLN (Persero) gerak cepat mengatasi gangguan kelistrikan yang disebabkan Gempa 6,0 skala richter (SR) yang mengguncang Tapanuli Utara pada Sabtu (01/10/2022) pukul 02.28 WIB. 


PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sibolga gerak cepat menurunkan puluhan petugas untuk mempercepat proses pemulihan gangguan yang disebabkan gempa tersebut. 


"Berdasarkan laporan tim lapangan, terdapat beberapa tiang listrik tegangan menengah yang tumbang dan miring serta trafo distribusi berubah posisi akibat kuatnya gempa. Saat ini kami berupaya melakukan pemulihan agar listrik dapat pulih sepenuhnya," ujar Manager PLN UP3 Sibolga, Darwin Simanjuntak. 


Setidaknya terdapat 8 Kecamatan yang terdampak gempa yaitu Kec. Tarutung, Kec. Silalas Barita, Kec. Sipoholon, Kec. Siborong-Borong, Kec. Pagaran, Kec. Sipahutar, Kec. Pangaribuan dan Kec. Garoga.

 


Dalam waktu 4 jam, PLN telah berhasil mengatasi sebagian daerah terdampak padam di antaranya adalah 3 dari 6 penyulang sudah normal kembali, 170 gardu distribusi sudah menyala kembali dari total 536 gardu distribusi yang terdampak. Saat ini listrik untuk 65.096 pelanggan sudah kembali menyala dari total 82.996 pelanggan terdampak.


"Tim terus bekerja mempercepat pemulihan kondisi kelistrikan di lokasi terdampak gempa ini, tentunya dengan mengutamakan keamanan," tambahnya. 


PLN berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik. Bagi pelanggan yang membutuhkan layanan PLN dapat melapor melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui PlayStore atau AppStore. (Marli/Rls)