Satgas Yonif 143/TWEJ Ikuti Upacara Bakar Batu

Header Menu

Satgas Yonif 143/TWEJ Ikuti Upacara Bakar Batu

Rabu, 26 Oktober 2022

  


Warta-palapa.com, Pegunungan Bintang

Satgas Yonif 143/TWEJ Pos Iwur yang dipimpin oleh Letda Inf Vigo G Ulnang Ikuti upacara adat yaitu berupa bakar batu bersama masyarakat, Kepala Kampung, dan para tokoh di distrik Iwur Kab. Pegunungan Bintang Rabu (26/10/2022).


Tradisi Bakar Batu merupakan salah satu tradisi penting di Papua Pegunungan yang berupa ritual memasak bersama-sama warga satu kampung yang bertujuan untuk bersyukur, bersilaturahmi (mengumpulkan sanak saudara dan kerabat, menyambut kebahagiaan (kelahiran, perkawinan adat, penobatan kepala suku)


Bahkan Letda Inf Vigo G Ulnang dan anggotanya bahu membahu bersama masyarakat ikut serta mpersiapkan upacara bakar batu, yaitu dari mulai mempersiapkan batu yang akan dibakar dan bahan - bahan makanan yang akan digunakan. 


Hal ini ia lakukan untuk mengenal, mempelajari adat istiadat setempat serta untuk menjalin silaturahmi dan memperkenalkan diri sebagai anggota satgas yang baru datang menggantikan satgas yang lama.

 


Kedatangan dari Satgas Yonif 143/TWEJ disambut dengan hangat oleh Masyarakat, Kepala Kampung, dan Para Tokoh Distrik Iwur. "Mereka menyambut kami dengan penuh antusias sehingga kami disini sangat terharu dan bahagia, kami harap kebersamaan ini akan terus terjalin dengan baik."Ujar Vigo"


Sementara itu kepala Kampung Iwur mengatakan "Kami menerima kedatangan dari Bpk TNI yang baru datang ini dan kami bersedia bahu membahu demi terjalinnya persaudaraan ini."Tegasnya"


Dan ditempat yang sama Danpos Iwur Letda Inf Vigo G Ulnang menghimbau kepada masyarakat dan tokoh Kampung Iwur agar terus menjaga persaudaraan ini dan jangan mau untuk dipecah belah oleh oknum - oknum yang tidak bertanggung jawab, "Jelasnya." (Penrem 043/Gatam)