IWAPI Lampung Ambil Bagian Pada Parade Berkebaya Tahun 2022

Header Menu

IWAPI Lampung Ambil Bagian Pada Parade Berkebaya Tahun 2022

Sabtu, 17 Desember 2022

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Dewan pengurus Daerah Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (DPD IWAPI) provinsi Lampung turut ambil bagian bersama ribuan ibu-ibu dan generasi milenial mengikuti Parade Berkebaya dalam rangka mengkampanyekan gerakan Kebaya Goes to UNESCO sekaligus memeriahkan Peringatan Hari Ibu Ke-94 tahun 2022.


Parade Berkebaya ini dilepas oleh Ketua TP PKK provinsi Lampung, Hj. Riana Sari Arinal, SH di Halaman Dekranasda provinsi Lampung, Sabtu (17/12/2022).


Penanggung jawab lapangan dari DPD IWAPI, Rita Anom Sari yang saat ini menjabat sebagai Komtap Ekonomi Kreatif di bawah WKU VI DPD IWAPI Lampung yang membidangi Pariwisata & Ekonomi Kreatif mengatakan DPD IWAPI ikut berpartisipasi dalam Parade Berkebaya sebagai salah satu wujud kepedulian dan  memasyarakatkan kebaya sebagai pakaian khas kepada seluruh masyarakat khususnya di provinsi Lampung.


“Ini sebagai bentuk implementasi dan dukungan Parade Berkebaya ini merupakan bentuk dukungan Kebaya Goes to UNESCO,"katanya. 


Ketua Umum DPD IWAPI provinsi Lampung, Dr. Hj. Armalia Reny Madrie AS.,S.P.,MM, menyambut baik adanya parade kebaya tahun 2022 yang diprakarsai oleh TP. PKK provinsi Lampung.

 


"Kebaya adalah blus tradisional yang dikenakan oleh wanita Indonesia yang umumnya terbuat dari bahan tipis dan dipadukan dengan sarung, batik atau pakaian rajutan tradisional lainnya seperti songket dengan motif warna-warni. Kebaya adalah salah satu kekayaan budaya warisan dari nenek moyang kita yg perlu kita lestarikan,"pesannya.


Ketua TP. PKK, Hj. Riana Sari Arinal, SH, selain mengucapkan hari Ibu, dalam sambutan saat melepas parade kebaya 2022 juga mencanangkan gerakan bangga memakai kebaya.


“Ayo bersama gunakan kebaya, lestarikan budaya wujudkan Lampung Berjaya. Saya juga mengucapkan Selamat Hari Ibu untuk seluruh perempuan hebat yang hadir pada hari ini dan seluruh ibu-ibu yang ada di Provinsi Lampung,” katanya.


Adapun rute yang dilalui dalam parade ini di mulai dari Halaman Dekranasda Provinsi Lampung, Jl. Ir. H. Juanda. Finish di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung yang berada di Jl. Dr. Susilo.


Parade Berkebaya selain diikuti oleh DPD IWAPI provinsi lampung, juga diikuti kontingen dari Organisasi Forkopimda Provinsi serta Tim Penggerak PKK provinsi dan kabupaten/kota se-provinsi Lampung serta beberapa SMA dan SMK di bandarlampung (Mrl/Rls)