Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo Pimpin Apel Pengamanan Pergantian Tahun Baru

Header Menu

Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo Pimpin Apel Pengamanan Pergantian Tahun Baru

Sabtu, 31 Desember 2022

  


Warta-palapa.com, Pesawaran

Polres Pesawaran Polda Lampung menggelar Apel Kesiapan dalam rangka Pengamanan Gereja, Malam Tahun Baru dan Obyek Wisata diwilayah Hukum Polres Pesawaran, dilaksanakan dilapangan Apel Mapolres Pesawaran, Sabtu (31/12/2022).


Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo, S.I.K., M.Si (Han) dalam arahanya menyampaikan bahwasanya Apel dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan kesiapan baik dari aspek Personil maupun sarana dan prasarana, serta keterlibatan seluruh Personil Polres Pesawaran dalam pengamanan Gereja, Malam Tahun Baru dan Obyek Wisata.


“Perayaan Tahun Baru 2023 maupun Natal secara universal dirayakan melalui Ibadah dan Perayaan tahun baru di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian. Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, Kamseltibcarlantas dan pelanggaran Protokol Kesehatan,” ujarnya.


Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023, Polri mengedepankan kegiatan yang bersifat Preemtif dan Preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan Profesional, tentunya dengan menerapkan Prokes guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat bisa merayakan malam tahun baru dengan Aman, Nyaman dan Tenang.


“Pengamanan tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa saja, sehingga menjadikan cenderung underestimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan Masyarakat,” tambahnya.

 


Kapolres mengatakan, berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan ada beberapa Prediksi gangguan Kamtibmas yang harus diantisipasi, antara lain Ancaman Terorisme, Radikalisme, Ancaman Sabotase, Penyalahgunaan Narkoba, Pesta Miras, aksi kriminalitas seperti Curas, Curat, Curanmor, maupun tawuran antar kelompok pemuda serta ancaman bencana alam seperti Banjir dan Tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.


“Dalam kesempatan ini kami tekankan agar Personil menyiapkan Mental dan Fisik, serta menjaga Kesehatan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai nilai Ibadah kepada Tuhan YME. Lalu lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan Masyarakat, meningkatkan Kepekaan, Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan Aksi Teror dan Kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal Tahun 2022 dan perayaan Tahun Baru 2023,” terangnya.


Kemudian lanjut AKBP Pratomo Widodo, laksanakan pengamanan secara Profesional dan Humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarana dan prasarana perlengkapan perorangan yang memadai, serta melakukan penugasan Personil dengan Bodi Sistem serta melaksanakan penegekan Hukum secara Profesional dan Proporsional kepada setiap pelanggaran Hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas. 


“Sampai hari ini masih ada yang menyelenggarakan rangkaian kegiatan dalam rangka perayaan Natal, lalu fokus kita berkaitan dengan malam tahun baru yang puncaknya Malam hari ini, serta pengamanan terhadap sentra kegiatan Masyarakat, tempat wisata maupun pusat perbelanjaan harus dilakukan pengamanan secara maksimal,” tandasnya. (Marli/Rls)