Polresta Bandarlampung Gelar Lat Pra Ops Jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

Header Menu

Polresta Bandarlampung Gelar Lat Pra Ops Jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

wartapalapa
Rabu, 21 Desember 2022

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Menjelang Operasi Lilin -2022, Polresta Bandarlampung Polda Lampung, menggelar latihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) yang dipimpin oleh Wakapolresta Bandarlampung, AKBP Ganda M.H. Saragih, S.I.K.,


Kegiatan Lat Pra Ops yang digelar di Aula Patriatama Polresta Bandarlampung di hadiri oleh para Pejabat Utama (PJU), para Kapolsek dan seluruh para penanggung jawab Subsatgas berikut anggota yang terlibat Pos Pam dan Pos Yan.


Dalam Operasi Lilin Krakatau 2022 Polresta Bandarlampung menerjunkan sebanyak 732 Personil untuk mengamankan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di wilayah Hukum Polresta Bandarlampung.


Dalam sambutannya Wakapolresta mengatakan, "sejumlah 732 personil yang kami terjunkan terdiri dari 373 personil Polresta dan Polsek jajaran, sedangkan 359 personil itu bantuan dari Instansi terkait."


Sejumlah 732 personil untuk mengamankan di mulai giat Jamaat yang melaksanakan Ibadah Natal dan Tahun Baru, sampai dengan pengamanan Masyarakat Bandarlampung dalam menyambut pergantian tahun serta mengamankan pada setiap titik kumpul Masyarakat dan tempat - tempat Wisata yang akan di kunjungi Masyarakat, ungkapnya.


Lanjut Wakapolresta, Operasi Lilin Krakatau 2022 ini merupakan operasi kemanusiaan dan untuk pelaksanaannya khusus pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun 2023 sehingga  dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Nasrani yang akan merayakan Natal  maupun Masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun.


Masih di tempat yang sama Wakapolres mengatakan, "perlu diketahui juga bahwa operasi ini akan dimulai pada  tanggal 23 Desember 2022 hingga 02 Januari 2023” 

 


Lat para ops ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan sebelum dimulainya suatu operasi, dan hari ini kita melaksanakannya dalam rangka Ops Lilin Krakatau - 2022 dan melalui kegiatan ini kita menyamakan persepsi kita dalam operasi nantinya di lapangan ,” jelasnya”.


Dalam operasi Lilin Krakatau terdapat Lima  satuan Tugas (Satgas) kegiatan operasi yang perlu dipersiapkan yakni : Satgas Deteksi oleh Kasat Intel, Satgas Prefentif oleh Kasat Samapta, Satgas Kamseltifcar oleh Kasat Lantas dan Satgas Gakum oleh Kasat Reskrim  serta Satgas Bantuan Operasional.


Kelima satgas tersebut agar selalu membangun komonikasi dan koordinasi dilapangan  demi terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, baik sebelum, saat dan sesudah pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau 2022 yang akan berlangsung Jumat  tanggal (23/12/22) hingga tanggal (02/01/2023) pekan depan.


Sebagai penanggung jawab kamtibmas, kita harus benar-benar memberikan rasa aman, nyaman kepada seluruh Masyarakat pada perayaan natal dan Tahun Baru,“ tekan AKBP Ganda”.


Khususnya pengamanan di tempat ibadah yakni di gereja agar berkoodinasi bersama pihak gereja dan bekerja sama sehingga ibadah dapat berjalan lancar dan membantu pihak gereja dalam pengaturan kendaraan sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan di depan gereja yang dapat menggangu umat saat hendak masuk maupun pulang Gereja, ujarnya.


AKBP Ganda juga berharap, kepada para Satgas agar pada kesempatan pertama jelang perayaan nantinya  segera membuat imbauan – imbauan kamtibmas seperti yang dapat mengganggu umat saat beribadah dan mengingatkan kembali bahwa Pandemi Covid-19 belum usai di karnakan Tren atau Paparan Covid-19 yang cenderung meningkat akhir- akhir ini agar kiranya selain melaksanakan pengamanan juga memberikan imbauan mengenai Prokes secara baik dan benar.


Kepada seluruh personil yag terlibat dalam operasi ini agar berikan pelayanan Kepolisian yang terbaik kepada Masyarakat sehingga  masyarakat aman dan nyaman, jaga kekompakan dan kesehatan serta tidak melakukan pelanggaran yang nantinya merugikan diri sendiri, keluarga dan institusi”, tutup Wakapolresta Bandarlampung. (Mrl/Rls)