Lestarikan Budaya Korem 043/Garuda Hitam Nonton Bareng Pagelaran Wayang Orang

Header Menu

Lestarikan Budaya Korem 043/Garuda Hitam Nonton Bareng Pagelaran Wayang Orang

wartapalapa
Minggu, 15 Januari 2023

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Bertempat di Aula A.Yani Makorem 043/Gatam Jl. Teuku Umar Bandarlampung, minggu (15/01/2023) menggelar Nonton Bareng Pagelaran Wayang Orang dengan lakon "Pandowo Boyong" dengan pemeran utama, Kapolri, Panglima TNI dan Para Kepala Staf TNI, secara virtual.


Kegiatan Nonton Bareng Pagelaran Wayang orang ini dalam rangka memperingati hari Dharma Samudra TNI AL tahun 2023, yang dilaksanakan di Theater Wayang Orang Taman Ismail Marzuki Jakarta, dengan Lakon Pandawa Boyong, merupakan salah satu upaya TNI dalam Pelestarian Budaya Nusantara.


Tampak hadir pada kegiatan tersebut Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Prasetyo, Kasiren Korem043/Gatam Kolonel Inf Bambang Semiana, Para kasi Kasrem 043/Gatam, Dirintelkam Polda Lampung Kombespol Nowo Hadi Nugroho S.H. S.I.K, Kasat Pol PP Prov.Lampung M.Zulkarnain S.sos, Para Dan/KA Satdisjan Jajaran Korem dan Para Dan/Kabalak jajaran Korem 043/Gatam

 


Pagelaran yang diinisiasi dan diperankan oleh pimpinan TNI-Polri menunjukan bahwa kecintaan tehadap budaya nasional wayang orang yang didalamnya banyak terkandung filosopi ajaran kepemimpinan yang tegas dan bijak, budi pekerti yang baik dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat serta semangat juang bela Negara, hal ini sangat penting disosialisasikan kepada generasi penerus bangsa, agar Filosofi tersebut dapat diimplementasikan di tengah-tengah pesatnya perkembangan zaman.


Pagelaran wayang orang yang dilaksanakan juga merupakan bentuk sinergitas dan soliditas TNI – Polri diberbagai kegiatan, bukan hanya soal menjaga kondusivitas NKRI, para petinggi TNI – Polri juga sangat kompak dalam memerankan “ Pandawa Boyong “, lakon ini mengajak penonton untuk lebih memahami, menghayati, dan mengamalkan semangat serta Nilai-nilai Pancasila yang diwakili oleh masing-masing sosok Pandawa Lima.


Dalam pagelaran wayang orang para Kepala Staf Angkatan juga ikut ambil bagian diantaranya KSAD Jenderal dr. Dudung Abdurachman memerankan sosok Batara Guru, KSAL Laksamana Muhammad Ali memerankan Batara Baruna, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo memerankan Eyang Abiyasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerankan Prabu Puntadewa. (Marli/Rls)