DPD Iwapi Lampung Gelar HUT ke 48 , Peringati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1444 H dan MoU Perbankan

Header Menu

DPD Iwapi Lampung Gelar HUT ke 48 , Peringati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1444 H dan MoU Perbankan

wartapalapa
Senin, 20 Februari 2023

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Memaknai HUT ke-48 DPD IWAPI Lampung mengadakan acara HUT ke-48 sekaligus Peringati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1444 H.


Kegiatan berlangsung di Gedung Graha Surya, Jl. St. Djamil no. 1 Gd. Meneng, Rajabasa, Kota Bandarlampung, Senin, (20/02/2023).


Bertemakan "DPW IWAPI Lampung Berperan Penting Guna Mensukseskan Ketahanan Dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2023, Mewujudkan Indonesia Maju."


Ketua Umum DPP IWAPI Dyah Anita Prihapsari dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Umum DPD IWAPI Lampung, Dr. Hj. Armalia Reny Madrie AS.,S.P.,MM menyampaikan bahwa di usia genap 48 tahun IWAPI sebagai organisasi perempuan pengusaha  terbesar di Indonesia dan Di Asia Tenggara, IWAPI harus berperan aktif sebagai motivator dan aktor dalam pemberdayaan serta pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan juga di ASEAN.


Berdasarkan tema HUT iwapi ke-48, selanjutnya Indonesia berkomitment untuk mencapai Net Zero Emission ditahun 2060 melalui ekonomi hijau dan biru serta ekonomi sirkular. 


"Sistem ekonomi yang mengutamakan pembangunan berkelanjutan dan keseimbangan lingkungan" lanjutnya


Ia juga menginformasikan, IWAPI berfokus pada tiga program kerja yaitu meningkatkan keahlian SDM, membuka jaringan pemasaran seluas luasnya dari segi marketing, membuka dan mempermudah akses ke lembaga pembiayaan dari segi financial.


"Saya yakin iwapi yang beranggotakan 98 persen perempuan UMKM kita dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam berusaha, bersama ini mari kita kibarkan semangat inovatif, inklusif, dan kolaboratif, untuk kemajuan perempuan pengusaha di Indonesia untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045. Indonesia sebagai negara berkekuatan ekonomi terbesar ke-4 didunia serta tercapainya Net Zero Emission 2060"tegasnya.


Ketua Umum DPD IWAPI Lampung merupakan Rektor UMITRA Lampung ini menambahkan dalam sambutannya selain merayakan HUT IWAPI juga memperingati hari isra mi'raj Nabi Muhammad SAW 1444 H, 


"Sementara itu kegiatan hari ini meliputi, lomba olahan kuliner makanan dan kue berbahan dasar ikan khas antar Kabupaten, bazar makanan dengan total 30 meja dari 13 UMKM, dan menghadirkan 30 pelaku UMKM dan anak dari Panti Asuhan untuk diberikan tambahan modal usaha dari dompet kebersamaan anggota iwapi."paparnya.


Kedepannya IWAPI memiliki program unggulan akan mengadakan festival Kuliner, hal ini merupakan bagian dari IWAPI untuk berkontribusi kepada daerah, agar kita dapat mengangkat kekayaan tidak hanya kekayaan alam, tetapi juga kita mengangkat kerajinan, kuliner, dan lain sebagainya.


"Tidak kalah pentingnya hari ini, kami dari IWAPI menandatangani MoU bersama dengan 4 perbankan yang diwakili oleh masing-masing pimpinan diantaranya bapak Budiyono dari Bank Indonesia, bapak Frandi S. Silalahi dari Bank Mandiri, bapak Bagus Ramadhan dari Bank Bukopin dan bapak Ahmad Azwar dari Bank Muamalat, Sementara BNI dan BRI sedang dilakukan pengkajian terkait legal wilayah,"lanjutnya.


Ketua Umum DPP IWAPI 

Dyah Anita Prihapsari dalam teks sambutannya juga  menyampaikan IWAPI terfokus kepada tiga program kerja, para pelaku umkm ini sangat ingin sekali mendapatkan tambahan modal, hal inilah yang melatarbelakangi dijalinnya MoU bersama Perbankan dengan memaparkan program kerja iwapi 


"kita dapat bergerak kalo kita bersama."ucap Bunda Reny.


Lebih rinci, Bunda Reny menyampaikan Perbankan bukan tidak mau memberi tetapi tentu ada syarat syarat minimalnya, para pelaku perlu di dampingi untuk bagaimana mereka bisa meningkatkan kualitas serta menjual produknya secara online (digital), apabila kualitas sudah ditingkat, sehingga ketika kualitas sudah meningkat insyaallah memenuhi yasyarat peminjaman terhadap pihak terkait (perbankan).


Acara Hut IWAPI ke-48 dihadiri oleh Ketua Yayasan Universitas Mitra Lampung Dr. H. Andi Surya, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, yang juga menjabat sebagai pembina IWAPI Lampung, Ketua Kadinda Provinsi Lampung, Kepala Dinas Perindag Provinsi Lampung, Kepala Dinas Koperasi Lampung. Kepala Dinas PP&PA, Kepala Perbankan Di Kota Bandar Lampung, Ketua DPC IWAPI Provinsi Lampung, dan para tamu undangan


Ketua Pembina DPD IWAPI Lampung, Hj. Riana Sari,SH melalui Pembina DPD IWAPI Lampung, Rusdiana Adi Erlansyah, S.E berharap organisasi IWAPI Lampung mampu mendorong dan menjadi motivator kembali bangkitnya umkm sehing dapat bangkit mandiri dan sejahtera kembali.  (rls/*)