Masyarakat Dorong Jenderal Toto Untuk Pimpin Provinsi Lampung

Header Menu

Masyarakat Dorong Jenderal Toto Untuk Pimpin Provinsi Lampung

wartapalapa
Senin, 13 Februari 2023

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung 

Sambil tertawa bersama, minum Kopi dan makan seruit bersama Masyarakat dan Petani Udang di daerah Labuhan Maringgai Lampung Timur. Keakraban terasa dan tidak ada batas, sambil bercerita tentang keluh kesah keterbatasan Petani Udang dalam meningkatkan hasil panennya.


Pak Jenderal, sapaan akrab Masyarakat memanggil Brigadir Jenderal TNI (Purn) Hi.Toto Jumariono, S.S., M.I.Kom. yang merupakan mantan Danrem 043 Garuda Hitam Provinsi Lampung. Tidak ada jarak antara beliau dengan Masyarakat, dan itu terlihat dari keakraban dilokasi Tambak Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur, Minggu,12 Febuari 2023.


Menurut seorang warga yang sekaligus pemilik Tambak Udang pak Markonah, beliau mengatakan kepada awak media, "Awalnya, kami merasa sungkan dan segan, namanya Jenderal pak, kami orang kampung sangat senang sekali, apalagi pak Jenderal datang ketempat kami ini sungguh tidak kami duga. Kami tidak menyangka yang ngobrol sama kami seorang Jenderal yang juga mantan Danrem."


Kami itu dapat kabar mendadak dan tiba tiba saja, itupun karena kawan yang bilang "ada Pak Jenderal di Pantai, awalnya kami tidak percaya. Soalnya tidak seperti Jenderal yang terlihat garang dan galak, karena pak Jenderal hanya memakai Baju kaos biasa. Markonah pun menyampaikan "masih ingat dengan wajah Jenderal Tito saat kunjungan ke daerah Lamtim (Labuhan Maringgai) pada saat pak Jenderal dulu bertugas sebagai Danrem Lampung.


Lalu kami beranikan diri pak untuk menyapa dan  mengajak untuk singgah ke gubug kami. 

 


Dengan tanpa canggung, Jenderal Toto mau menyapa dan mampir. Tapi semula, Beliau mengelak mengakui sebagai Danrem, sehingga kami pun ragu, jangan jangan kami tidak ciren. Tapi setelah berapa orang diantara kami meyakinkan, akhirnya Jenderal Toto mengakui, tapi pak Jenderal itu kayak bukan Jenderal, bayangan kami pak Jenderal itu galak, ternyata Jenderal Toto sangat baik dan Ramah pak, ungkap Markonah.


Markonah mengatakan "Saya tidak mengada-ngada dan bukan karena pak Jenderal dari berkunjung dari tempat kami, ada anggotanya yang kawan kami dia bilang bahwa pak Jenderal, sosok yang mau mendengarkan dan memberikan masukan serta solusi, ya seperti sosok seorang Bapak bagi anggotanya, itu yang saya dengar dari kawan Tentara yang berdinas dikoramil Labuhan Maringgai.


Yang menjadikan Kami merasa dekat dengan Jenderal Toto itu,  karena Jenderal Toto tak sungkan-sungkan makan bareng bersama kami, padahal kami ini rakyat kecil loh pak. Kami bangga pak bisa jumpa dengan Jenderal Toto, dan beliau mau mendengarkan keluh kesah kami sampai selesai. Kami mengeluh tentang Udang kami bahkan sampai masalah keluarga kami beliau mendengarkan dan memberikan nasehat yang membuat kami merasa Sejuk, ujar Markonah.


Sambil ngobrol tadi kami bilang ke pak Jenderal, Bapak layak menjadi pemimpin diProvinsi Lampung ini. Gak tau ya kenapa bisa ngomong begitu, mungkin karena beliau enak diajak ngobrol dan tidak ada jarak kali ya pak, tapi bagi Masyarakat kampung seperti ini didatangi seorang Jenderal seperti beliau sebuah kebanggaan dan sesuatu yang luar biasa, semoga kami bisa bertemu beliau lagi dan beliau bisa menjadi pemimpin untuk rakyat Lampung kedepannya, tutup Markonah. (Marli)