Ketua PMI Pusat H.M. Jusuf Kalla Buka Mukernas Tahun 2023, Riana Sari Arinal Sampaikan Terimakasih atas Kepercayaan Dijadikannya Lampung sebagai Tuan Rumah

Header Menu

Owaku shop

Owaku shop

Ketua PMI Pusat H.M. Jusuf Kalla Buka Mukernas Tahun 2023, Riana Sari Arinal Sampaikan Terimakasih atas Kepercayaan Dijadikannya Lampung sebagai Tuan Rumah

Senin, 03 Juli 2023

 

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat H.M. Jusuf Kalla membuka secara resmi Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PMI Tahun 2023, di Hotel Radison, Kota Bandarlampung, Senin (03/07/2023).


Ketua PMI Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal, menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Provinsi Lampung untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan musyawarah kerja nasional PMI tahun 2023 sekaligus Tuan Rumah Jumpa Bakti Gembira ke-9 tahun 2023.


Dengan mengusung tema Meneguhkan Komitmen Untuk Kemanusiaan, Mukernas PMI 2023 berlangsung pada 2-3 Juli 2023, dengan diikuti 68 peserta (2 orang perwakilan Provinsi),  12 pengurus pusat, dan 17 orang peninjau dari negara sahabat.

 

Dalam sambutannya, Ketua Umum PMI Pusat, H.M. Jusuf Kalla, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah dan Pengurus PMI Lampung, khususnya Ketua PMI Lampung Ibu Riana Sari Arinal atas penyelenggaraan Mukernas ini dan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) besok.


Jusuf Kalla mengingatkan para peserta Mukernas PMI terkait niat dan pengabdian Kepalangmerahan, sebagaimana tadi sudah dibacakan termasuk prinsip-prinsip dasar kerja PMI.


"Seperti kita ketahui, Kepalangmerahan di Dunia dimulai pada tahun 1859 atas ide dan rasa kemanusiaan yang terlahir atas banyaknya korban perang. Sehingga dibutuhkan upaya kemanusiaan untuk mengatasi itu," ujar Jusuf Kalla.


"Kemudian berkembang, bukan hanya masalah perang, tapi masalah kemanusiaan pada umumnya," tambahnya.

 


Di Indonesia, lanjutnya, PMI didirikan pada 17 September 1945, sebulan setelah Kemerdekaan yang diKetuai oleh Wakil Presiden Moh. Hatta.

"PMI ini lebih dahulu didirikan dari pada lembaga penting lainnya. Artinya PMI begitu urgent, sehingga didirikan satu bulan setelah Kemerdekaan," jelasnya.


Jusuf Kalla menuturkan bahwa dasar asas palang merah adalah Pancasila Sila Kedua, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. "Dan apa yang kita laksanakan adalah kemanusiaan, salah satu unsur penting dari pada Pancasila, tentunya Pancasila secara keseluruhan. Namun unsut pokoknya adalah kita bekerja dengan asas dan tujuan kemanusiaan," ujar Jusuf Kalla.


Ia mengungkapkan bahwa tugas kemanusiaan ini hanya bisa dilaksanakan dengan hati yang bersih, demi kemanusiaan dan dilakukan dengan sukarela. "Kita bekerja untuk amal ibadah dalam artian agama, dan kemanusiaan dalam arti kemanusiaan," tuturnya.


Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kami PMI Provinsi Lampung. 

"Selamat datang di Bumi Lampung Sai Bumi Ruwa Jurai. Semoga Bapak/Ibu dapat menikmati keindahan alamnya, kekayaan budayanya, keunikan wastranya, serta kelezatan kulinernya," ujar Riana Sari Arinal.


Riana menyampaikan selaku tuan rumah dia menyampaikan permohonan maaf jika dalam penyambutan,  pelaksanaan acara atau penempatan terdapat hal yang kurang berkenan. 


"Semoga dengan Mukernas tahun 2023 dapat memberikan motivasi dan semangat bagi seluruh keluarga besar PMI untuk selalu terus berbuat yang terbaik untuk kemanusiaan," tambahnya.


Seperti diketahui, Mukernas PMI 2023 ini bertujuan untuk evaluasi capaian kerja tahun sebelumnya dan merumuskan strategi pelaksanaan program kerja ke depan. (Rls/Marli) )