Operasi Patuh Krakatau 2023, Satlantas Polres Pesawaran Imbau Masyarakat Taati Peraturan

Operasi Patuh Krakatau 2023, Satlantas Polres Pesawaran Imbau Masyarakat Taati Peraturan

wartapalapa
Kamis, 20 Juli 2023

  


Warta-palapa.com, Pesawaran

Dalam menjalankan Operasi Patuh Krakatau 2023, Polres Pesawaran, Polda Lampung, terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas selama pelaksanaan, yang saat ini telah memasuki hari kesebelas.


Berbagai upaya tersebut mencakup kegiatan preemtif berupa Dikmas Lantas, pemasangan Banner, Baliho pembagian Leaflet, serta sosialisasi di Sekolah, dan komunitas. Selain itu, media sosial, media cetak, dan media elektronik juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk menyebarkan informasi dan pesan kampanye keselamatan berlalu lintas.


Hal itu disampaikan oleh Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo melalui Kasatlantas AKP Martoyo,  kepada Wartapalapa.com diruang kerjanya Mapolres Pesawaran, Kamis (20/07/2023).


Kasat Lantas juga menjelaskan bahwa Operasi Patuh Krakatau 2023 tidak hanya berfokus pada pendekatan preemtif dan preventif saja, namun juga pada penegakan hukum terhadap tujuh sasaran prioritas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan fatalitas korban lakalantas, yaitu :

1. Penggunaan Handphone saat berkendara

2. Pengemudi masih di bawah umur

3. Pengendara sepeda motor lebih dari 2 Orang

4. Tidak menggunakan Helm

5. Pengemudi dalam pengaruh Alkohol

6. Pengendara yang melawan arus

7. Kendaraan yang melebihi batas kecepatan


Kasat Lantas menyebut bahwa mayoritas pelanggaran lalu lintas di Wilayah hukum Polres Pesawaran didominasi oleh pengendara sepeda motor. Pelanggaran tidak menggunakan helm sebagai jenis pelanggaran terbanyak. Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih, pelanggaran utama adalah tidak menggunakan sabuk keselamatan.


Hingga saat ini kami terus melakukan upaya preventif 40 persen dan 40 upaya Preemtif dan 20 persen penegakan hukum,"Pungkas Martoyo.


"Sebelum dan selama pelaksanaan Operasi Patuh Krakatau 2023 angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Pesawaran cendrung stabil dan tidak ada peningkatan dari Tahun-tahun sebelumnya,"


Diakhir penjelasan nya, Kasat Lantas Polres Pesawaran AKP Martoyo juga mengimbau Masyarakat untuk berperan aktif dan berpartisipasi dalam mensukseskan Operasi Patuh dengan selalu berprilaku tertib dalam berlalu lintas. Diharapkan dengan adanya kesadaran yang tinggi dari Masyarakat, angka pelanggaran, kecelakaan, dan korban lalu lintas dapat mengalami penurunan setiap Tahunnya. (Marli)