Bunda PAUD Riana Sari Arinal Hadiri Milad Ikatan Guru Raudhatul Athfal ke-21 dan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Header Menu

Bunda PAUD Riana Sari Arinal Hadiri Milad Ikatan Guru Raudhatul Athfal ke-21 dan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

wartapalapa
Selasa, 21 November 2023

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Bunda PAUD Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menghadiri Milad Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Provinsi Lampung Ke-21 dan Workshop Senam Nusantara IKM di GSG Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan, Selasa (21/11/2023).


Hadir pula mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Senen Mustakim.


Dalam sambutannya, Bunda Riana mengatakan bahwa perayaan Milad ini menjadi momen yang istimewa karena IGRA telah mencapai usia yang matang dalam memberikan kontribusi pada pengembangan anak-anak usia dini.


"Pada kesempatan yang berbahagia ini saya mengucapkan selamat hari Milad ke 21 untuk IGRA, semoga Allah SWT selalu melimpahkan keberkahan dan karunia-Nya untuk kita semua wabil khusus kepada seluruh tenaga pendidik Madrasah Raudhatul Atfal se-Provinsi Lampung," ujarnya.


Bunda Riana berpendapat selama dua dekade lebih perjalanan IGRA telah membentuk fondasi pendidikan yang kuat untuk anak-anak, memberikan bekal awal yang berharga bagi perkembangan mereka.


Ia menilai Keberhasilan IGRA tidak terlepas dari kerja keras, dedikasi dan cinta kasih yang telah tenaga pendidik, orang tua dan seluruh pihak tanam bersama.


Bunda Riana mengajak semua pihak untuk terus berkolaborasi, berbagi ide dan memperkuat sinergi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat. 


Menurutnya, dengan bersatu padu kita dapat memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak, membantu anak-anak tumbuh dan berkembang secara optimal dan terutama agar pendidikan anak usia dini di Provinsi Lampung dapat terlayani dan menjangkau keseluruh lapisan masyarakat.


"Ini adalah hal yang selalu menjadi tujuan utama saya sebagai Bunda PAUD dan tentunya ini tidak dapat saya lakukan sendiri, saya membutuhkan kerjasama dari semua aspek pendukung untuk terlibat secara aktif mulai dari Dinas Instansi terkait, Pihak Swasta dan Organisasi Mitra PAUD khususnya IGRA," pungkasnya.


Selain itu, ia juga mengajak mengajak seluruh organisasi Mitra PAUD di Provinsi Lampung untuk terus berkoordinasi dengan komponen pemerintah dan swasta serta dengan Bunda PAUD Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk terus meningkatkan kerjasama dalam meningkatkan akses layanan PAUD disegala lapisan masyarakat, terus berinovasi dan berkreasi menciptakan program-program unggulan dalam meningkatkan layanan PAUD berkualitas di Provinsi Lampung.


Lebih dari itu, Bunda Riana mengimbau semua pihak untuk terus mendukung perubahan serta berkomitmen mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan yaitu dengan tidak menerapkan calistung sebagai syarat masuk SD, melakukan proses pengenalan sekolah diawal tahun pembelajaran dan menerapkan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan fokus pada seluruh kompetensi fondasi anak.

 


Sehubungan dengan diadakannya Workshop Senam Nusantara IKM, Bunda Riana berpendapat workshop tersebut merupakan kegiatan yang sangat positif, karena dapat mendukung perkembangan dan menambah keterampilan bagi para tenaga pendidik Raudhatul Athfal.


"Saya berharap Workshop ini memberikan wawasan baru dan inspirasi bagi para pendidik untuk mengintegrasikan senam Nusantara ke dalam kurikulum Raudhatul Athfal," pungkasnya.


Membacakan sambutan Gubernur Arinal, Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Senen Mustakim mengatakan Guru Raudhatul Athfal memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan kepribadian anak anak sejak usia dini serta sebagai sosok teladan yang membimbing anak-anak dengan penuh kasih sayang dan keteladanan.


Ia berharap diumur ke-21 tahun, IGRA dapat semakin eksis dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan pada anak usia dini, mutu siswanya termasuk pembinaan awal karakter peserta didik jenjang PAUD.


Gubernur Arinal mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung selalu berkomitmen untuk terus mendukung semua program-program Organisasi Mitra PAUD. 


Menurutnya, keberhasilan pendidikan di Provinsi Lampung akan dapat terlaksana apabila ada kerjasama yang baik dari sektor dan unsur-unsur terkait.


"Pelaksanaan kegiatan ini bisa dijadikan salah satu momen yang diharapkan dapat memberikan kontribusi serta masukan-masukan yang positif dalam meningkatkan pengelolaan Program PAUD," ujarnya.


Gubernur Arinal berharap kebersamaan ini dapat terus mendukung dan memberikan apresiasi kepada para guru Raudhatul Athfal. 


"Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik, memberikan dukungan yang diperlukan, dan terus memotivasi para guru untuk terus berinovasi dalam metode pengajaran sehingga dapat mencetak generasi yang unggul dan berakhlak mulia," pungkasnya.(Rls/Mrl)