Bakti Sosial Kesehatan Tzu Chi ke- 142, Gubernur Arinal Apresiasi Operasi Katarak Gratis Sebagai Bentuk Kepedulian dan Cinta Kasih Yayasan Buddha untuk Kemanusiaan

Header Menu

Bakti Sosial Kesehatan Tzu Chi ke- 142, Gubernur Arinal Apresiasi Operasi Katarak Gratis Sebagai Bentuk Kepedulian dan Cinta Kasih Yayasan Buddha untuk Kemanusiaan

wartapalapa
Jumat, 01 Desember 2023

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi pelaksanaan operasi gratis Katarak, Pterygium, Hernia dan Benjolan yang digagas oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sebagai bentuk kepedulian dan cinta kasih untuk kemanusiaan.


Hal itu disampaikan Gubernur saat menghadiri Bakti Sosial Kesehatan Tzu Chi ke- 142 di Halaman Rumah Sakit Budi Medika, Bandarlampung, Jumat (01/12/2023).


Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bekerjasama dengan Korem 043/Garuda Hitam dan Rumah Sakit Budi Medika dengan menyelenggarakan operasi katarak, pterygium, hernia dan benjolan secara gratis.


"Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak terkait, khususnya kepada Rumah Sakit Budi Medika telah mengambil andil yang sangat besar dalam bakti sosial ini," ujar Arinal.


Sebanyak 280 orang yang akan menjalani operasi yang dilaksanakan pada 1-2 Desember 2023 di Rumah Sakit Budi Medika.


Sebelumnya para pasien ini telah terlebih dahulu menjalani screening pada 25 November 2023 lalu di Aula Korem 043/Garuda Hitam.


Ia menyebutkan kehadiran dan dukungan semua pihak merupakan bukti nyata komitmen kita bersama dalam menjaga kesehatan masyarakat.


"Semoga kegiatan yang dilandasi rasa kebersamaan dan kemanusiaan ini, dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada warga penderita," katanya.


Menurutnya, kegiatan bakti sosial ini merupakan wujud nyata dari semangat kepedulian dan kebersamaan untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat Lampung.


"Operasi yang dilakukan hari ini merupakan langkah yang sangat penting dalam memastikan akses pelayanan kesehatan yang layak bagi semua lapisan masyarakat," ujarnya.


Bakti sosial ini juga, lanjut Arinal sejalan dengan semangat pembangunan berkelanjutan yang berfokus pada kesetaraan akses terhadap layanan kesehatan bagi seluruh warga negara.


"Kita semua memiliki peran penting dalam memastikan bahwa tidak ada yang tertinggal dalam upaya mencapai kesejahteraan bersama. Pemerintah Provinsi Lampung senantiasa memperhatikan kesehatan masyarakat melalui salah satu program kami Lampung Sehat," katanya 

 


Sementara itu, Ketua Tzu Chi Lampung Alesius Bunawan mengatakan pelaksanaan operasi ini menjadi bentuk kepedulian dan perhatian pihaknya kepada masyarakat yang membutuhkan.


"Kami bersyukur dapat berada bersama-sama bapak ibu sekalian hari ini walaupun kita berasal dari keluarga yang berbeda, bertempat tinggal ditempat yang berbeda, namun perasaan saling memberi perhatian tidak dapat dihalangi oleh perbedaan-perbedaan itu," ujar Alesius.


Ia mengucapkan terima kasih kepada relawan Tzu Chi, para tim medis dan dokter yang telah memberikan yang terbaik dalam pelaksanaan bakti sosial ini.


"Terima kasih kepada Rumah Sakit Budi Medika yang telah membantu sehingga hari ini kita bisa bersama-sama disini untuk melakukan pengobatan ini," katanya.


Dalam acara itu, Gubernur berkesempatan menyapa masyarakat yang akan menjalani operasi.

Juga diserahkan bantuan beras 5kg kepada seluruh pasien yang menjalani operasi ini.(Rls/Mrl)