Cegah Banjir dan Penyakit DBD, Kodim 0410/KBL Menggelar Karya Bhakti Bersihkan Pasar Tugu

Header Menu

Cegah Banjir dan Penyakit DBD, Kodim 0410/KBL Menggelar Karya Bhakti Bersihkan Pasar Tugu

wartapalapa
Kamis, 07 Desember 2023

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Kodim 0410/KBL menggelar kegiatan Karya Bhakti pembersihan sampah di Pasar tradisional (Pasar Tugu), Jln. Hayam Wuruk Tanjungkarang Timur, Kota Bandarlampung, Kamis (07/12/2023).


Kegiatan ini ditandai dengan pemberian tali asih/Sembako dari Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak kepada warga dan para petugas kebersihan pasar tersebut.


Letkol Inf Hendry Ginting SIP.,MM, Wakil sementara Dandim 0410/KBL mengatakan, Karya Bhakti ini merupakan tindak lanjut instruksi Panglima Kodam II/Sriwijaya kepada satuan jajaran guna mencegah banjir dan mengantisipasi penyakit yang disebabkan oleh nyamuk di wilayah masing-masing.


"Kegiatan Karya Bhakti ini digelar serentak di seluruh wilayah jajaran Kodam II/Sriwijaya sebagai wujud nyata kepedulian TNI terhadap lingkungan," ujarnya 


Selain itu, Karya Bhakti  ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT Kodam II/Sriwijaya ke-78, yang jatuh pada tanggal 1 Januari 2024 mendatang.  


Letkol Ginting menjelaskan, sebagai tindak lanjut instruksi tersebut TNI, Polri bersama Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat melakukan aksi nyata dengan bergotong royong membersihkan sampah di areal Pasar Tugu.

 


Sementara Walikota Bandarlampung melalui Asisten III, Drs. Yanwardi mengatakan, kegiatan karya bakti TNI menjadi bukti dan ketanggapan serta kepedulian TNI beserta seluruh komponen Masyarakat bersama pemerintah kota Bandarlampung dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan.


Ia berharap, kegiatan ini dapat memberikan nilai positif serta meningkatkan kesadaran Masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.


Faridah, pedagang Pasar Tugu menyampaikan bahwa hari ini Pasar Tugu Bandarlampung sudah bersih. Karena menurutnya, tadinya pasar tersebut cukup kotor.


Ia juga menyampaikan terimakasih kepada TNI, Polri dan pemerintah daerah serta masyarakat yang ikut serta peduli dalam membersihkan pasar tersebut dari kotoran sampah.


"Mewakili para pedagang, saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang peduli dengan Pasar ini," tuturnya. (Rls/Mrl)