Dandim 0410/KBL Pimpin RAT Primer Koperasi Kartika Gatam 10 Tutup Buku Tahun 2023

Header Menu

Dandim 0410/KBL Pimpin RAT Primer Koperasi Kartika Gatam 10 Tutup Buku Tahun 2023

wartapalapa
Rabu, 10 Januari 2024

  


Warta-palapa.com, Bandarlampung

Kodim 0410/Kota Bandarlampung menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-52 Primer Koperasi (Primkop) Kartika Gatam 10 Tutup Buku Tahun 2023, sejumlah personel mengikuti kegiatan RAT di Markas Kodim Kota Bandarlampung, Rabu (10/01/2024)


Kegiatan RAT ini dipimpin oleh Dandim 0410/KBL Letkol Arh Tan Kurniawan S.A.P.,M.I.Pol. Tampak hadir diantaranya, Kasdim 0410/KBL Letkol Inf Hendry Ginting S.I.P.,MM, Ketua Primkop Kartika Gatam 10 Kapten Inf Bunyamin dan Kepala Dinas koperasi Bandarlampung yang dalam hal ini diwakili Ibu Suhartati, SH.


Mewakili Kepala Dinas Koperasi Kota Bandar Lampung, Suhartati menyampaikan apresiasi kepada Primkop Kartika Gatam 10. Pasalnya, Ia menilai pelaksanaan RAT yang diselenggarakan pada hari dapat dikatakan tepat waktu dan tercepat dalam pelaksanaannya.


Suhartati mengatakan, ketepatan waktu pelaksanaan RAT ini tidak terlepas dari kerjasama antara Pengawas, pengurus maupun anggota Koperasi itu sendiri.


"Alhamdulillah pada hari ini kita dapat melaksanakan RAT Primer Koperasi Kartika Gatam 10 tutup buku 2023 di Kodim 0410/KBL. Kegiatan RAT ini termasuk RAT tercepat tutup buku tahun 2023, hal ini  berkat kerjasama antara pengawas, pengurus dan anggota koperasi," ujarnya 


Sesuai aturan koperasi, Suhartati menyebut RAT harus dilaksanakan satu kali dalam satu tahun demi untuk meningkatkan koperasi agar dapat berkembang dan bisa bersaing dengan para pelaku usaha lainnya.

 


Sementara Dandim, Letkol Tan Kurniawan mengatakan tujuan RAT Primer Koperasi tersebut diselenggarakan merupakan untuk mendengarkan pertanggungjawaban pengurus, komisaris dan pengawas koperasi demi untuk kemajuan koperasi yang akan datang.


Dandim juga mengatakan bahwa Lampung adalah salah satu Provinsi yang hebat dalam pengoperasian bisnis Hulu hilirnya, sehingga ia pun berharap hal tersebut bisa diterapkan untuk kemajuan Primkop Kartika Gatam 10.


"Lampung ini hebat dalam pengoperasian bisnis Hulu Hilir. Mungkin kita bisa juga terapkan untuk kita dapat membuat koperasi yang lebih aktif agar kita dapat bersaing," ujarnya.


Menurut Dandim, keberadaan Koperasi tidak hanya sebagai tempat simpan pinjam saja, melainkan bisa bergerak di bidang barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan yang dapat mensejahterakan anggota koperasi itu sendiri.


"Apabila anggota meminjam uang di koperasi harus digunakan untuk hal yang bermanfaat, jangan hutang tapi arahnya tidak jelas sehingga untuk mengembalikannya berat. Mari kita manfaatkan koperasi ini sebagai sarana untuk mendapatkan keuntungan agar keberadaan koperasi dapat bermanfaat bagi seluruh anggota," pintanya 


Dandim juga berharap Koperasi Gatam 10 mempunyai daya tarik seperti di minimarket atau Mall. Oleh karenanya kedepan sama-sama berfikir dan mencari solusi untuk Primkop Kartika Gatam 10 agar lebih maju dan berkembang. (Rls/Mrl)