DPP Komite Sosial Masyarakat Indonesia (KSMI) Diresmikan oleh DPR RI Partai PKB Komisi XI, KSMI Siap Amanah dan Berkolaborasi Semua Pihak

Header Menu

DPP Komite Sosial Masyarakat Indonesia (KSMI) Diresmikan oleh DPR RI Partai PKB Komisi XI, KSMI Siap Amanah dan Berkolaborasi Semua Pihak

wartapalapa
Jumat, 19 Januari 2024



Warta-palapa.com, Bandarlampung

Dewan Pimpinan Pusat Komite Sosial Masyarakat Indonesia  (DPP KSMI) resmi terbentuk, peresmian KSMI dilaksanakan pada, Jumat (19/01/2024) yang dihadiri langsung oleh Anggota DPR-RI Hj. Ela Siti Nuryamah yang juga menjadi Dewan Pembina KSMI Lampung.


Ketua umum KSMI Luqman Faqih, M.Pdi., menjelaskan, "Komite Sosial Masyarakat Indonesia (KSMI) adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang menerima dan menyalurkan dari pemerintah dan para dermawan untuk disalurkan kepada warga masyarakat yang belum mendapatkan atau belum tercover bantuan pendidikan, kesehatan dan bantuan sosial. 


” Keluh kesah dari kita atau ada sesuatu hal dari hati nurani, Insya Allah KSMI bisa diberi amanah untuk menyampaikan dari Rakyat untuk para pimpinan pimpinan kita di DPR RI dan menyalurkan apa yang di salurkan dari RI  sampai ke rakyat yang paling bawah ini untuk kesejahteraan bersama sebagai mana yang tertera di UUD 1945 yang bunyi nya "Tanah, air kita adalah milik bersama, milik negara dan di peruntukan untuk rakyat nya dan berdasarkan amanah pembukaan UUD 1945 alinea ke 4, ”Jelas Luqman.


Sementara itu Dewan pembina KSMI Hj.Ela Siti Nuryamah yang juga Anggota DPR RI komisi XI dari Partai PKB menyampaikan,"Apresiasi yang sangat luar biasa dengan terbentuknya KSMI suatu organisasi yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan. 


KSMI segera buatkan, sebagai pendirinya dan struktur organisasi, program kerja serta dilegalkan di Kemenkumham agar KSMI dapat bermanfaat untuk masyarakat Indonesia dari Sabang-Merauke jangan hanya pergerakannya saja namun legalitas sangat diperlukan sehingga dengan responsif bergerak masif untuk kepentingan rakyat. 


“Berbagai program KSMI yang akan di jalankan diantaranya, Bidang kesehatan, bantu warga kita yang memang membutuhkan uluran tangan seperti membantu orang yang sakit dalam pengobatan nya,”Ucap Ela.


“Untuk Bidang pendidikan bantu masyarakat yang kurang mampu kita bantu Fasilitas beasiswa, bantu madrasah madrasah Diniyah TKA TPA kita fasilitasi ruang belajar tidak ada kata lagi rakyat Indonesia yang putus sekolah dan buta huruf, banyak yang bisa kita bantu untuk sosial masyarakat Indonesia.” Sambungnya.


“Mumpung saya masih duduk di kursi DPR RI tentunya jadi wasilah dan rentan kendali, sebagai motivator dan fasilitator l, sehingga masyarakat membutuhkan secara pelayanan dasar bidang bidang sosial kemasyarakatan tentu nya kedepan bisa kita jalankan program KSMI”Ucapnya.

 

Menurutnya,KSMI memiliki berbagai program yang nanti akan rutin diselenggarakan yaitu Program pendidikan, kesehatan, budaya lokal, Pertanian, Jum’at berbagi, Fasilitas  MCK yang bersih yang sesuai dengan standar sanitasi atau air bersih


“bagaimana nanti orang yang kurang mampu kita bantu dengan cara sosial berbagai macam kebijakan bantuan hibah dan uluran tangan dermawan.” Terangnya.

  


“Membantu pondok-pondok pesantren dengan memberikan bantuan infrastruktur karena masih banyak pondok pesantren yang butuh perhatian semua pihak, sehingga pelajaran keagamaan ditingkatkan.” Pungkasnya.


Novis selaku MC acara tersebut, mengatakan bahwasannya "organisasi KSMI dapat berjalan semua berkat kolaborasi, sinergi Pemerintah, pihak swasta dan para dermawan dan terus bergerak, bermanfaat sehingga terwujud Indonesia Adil dan Makmur rakyatnya. 


KSMI sebagai Mitra pemerintah, kontrol sosial, perpanjangan tangan pemerintah  dan pihak swasta memiliki dana CSR untuk dapat membagikan ke masyarakat yang membutuhkan, perhatian baik dari segi Pendidikan dan Kebudayaan, Kesehatan, Sosial masyarakat, pertanian, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, "ucap Novis. 


Terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan yang telah memberikan bantuan terselenggaranya acara ini, gotong royong para dermawan.


Terima ksih kepada Teh Ela (sapaan akrabnya yang kini kontestasi kembali di DPR RI Dapil 1 no 1 dari Partai PKB meliputi Bandar Lampung, Lamsel, Pesawaran, Metro, Pringsewu, Lambar Pesibar, Tanggamus, teh Ela terpilih 2019-2024 melalui DPR RI Dapil 2) dan juga bantuan dermawan dari seorang DPD RI yaitu abang Benny Uzer kini mencalonkan diri sebagai DPD RI no 5. 


Kita do'akan para dermawan yang telah membantu acara peresmian KSMI tersebut diberikan kesehatan, dipermudah langkahnya duduk di Senator bang Benny Uzer DPD RI no 5 dan DPR RI Ela Siti Nuryamah, sehingga bisa memperjuangkan Rakyat Indonesia bermitra dengan DPP KSMI sehingga kondisi sosial masyarakat Indonesia semakin membaik, tidak adanya kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin. 


KSMI dapat menjadi jembatan untuk perpanjangan tangan dari pemerintah, swasta  dan para dermawan serta International melalui presiden, menteri, DPR RI dan DPD RI ke rakyat Indonesia melalui KSMI yang ada di seluruh Indonesia, "Ungkap Solihin selaku sekretaris umum KSMI. (*/Mrl)