Menakar Arah Pilihan Nahdliyin Kota pada Pemilihan Walikota Bandarlampung 2024

Menakar Arah Pilihan Nahdliyin Kota pada Pemilihan Walikota Bandarlampung 2024

wartapalapa
Minggu, 26 Mei 2024

  

Warta-palapa.com, Kota Bandarlampung 

Di bulan November 2024 akan ada agenda pemilihan Kepala Daerah serentak, termasuk pemilihan Walikota Bandarlampung. Tahapan pilkada sudah mulai berlangsung, dan partai politik sedang membuka diri kepada para kandidat bakal calon Walikota untuk diusung melalui partainya.


Di tengah perebutan perahu partai, menarik untuk diperhitungkan adalah kemana suara Nahdliyin (sebutan untuk warga NU) Kota Bandarlampung cenderung akan dilabuhkan.


Untuk diketahui, suara Nahdliyin di banyak tempat selalu diperhitungkan di saat kontestasi pemilihan kepala daerah, hal ini menjadi maklum mengingat nahdliyin merupakan kelompok mayoritas, berdasarkan hasil survey LSI tahun 2019, komposisi warga Muslim perkotaan, yang mengaku sebagai Nahdliyin sebesaar 58,8% dari total Muslim perkotaan, sementara yang mengaku anggota Ormas Islam selain NU semuanya masing masing masih dibawah angka 10%.


Untuk menggali kemana kecendrungan arah pilihan Nahdliyin Kota Bandarlampung pada pilwakot November 2024, berikut menarik disimak pernyataan beberapa kyai dan tokoh aktivis NU di Kota Bandarlampung.


Ketika ditanya sikap nahdliyin Kota Bandarlampung untuk pilwakot nanti, KH. Badruzaman salah satu sesepuh NU dan pengasuh Ponpes An Nizar Bumi Waras, menjawab dengan lugas "menurut kami, bunda Eva itu sudah merupakan bagian dari NU, maka, otomatis kami sebagai nahdliyin berkewajiban mendoakan sekaligus membela dan mendukungnya, terlebih bunda Eva sudah sangat perhatian kepada NU dan pondok pesantren"


Sementara Hi. M Irfandi yang merupkan aktifis NU, ketika dikonfirmasi kecenderungan pilihan Nahdliyin kota, beliau menjawab bahwa sangat wajar Nahdliyin kota akan mensuport dan mendukung bunda Eva, karena bunda Eva adalah kader NU yang sangat jelas konstribusinya untuk NU khususnya di Kota Bandarlampung.


Sementara salah satu pengurus PCNU Kota Bandarlampung yang tidak mau disebut namanya, menjelaskan secara diplomatis, bagi struktur organisasi NU, kami PCNU tentu secara kelembagaan tidak diperkenankan untuk terlibat politik praktis, akan tetapi menjadi wajar dan lumrah terjadi, jika suara Nahdliyin cenderung akan memilih kader NU. 


Terlebih Rois Syuriyah PCNU Kota Bandarlampung pada kesempatan Halal Bihalal secara simbolik memberi pesan kepada jajaran NU Kota Bandarlampung bahwa Bunda Eva sebagai walikota Bandarlampung adalah marwah NU, maka agar semua jajaran ikhlas mengawal bunda Eva Dwiana.


Selanjutnya salah satu nahdliyin dari generasi muda, Gufron dari Kemiling, menyampaikan bahwa bagi kami bunda Eva itu merupakan kebanggaan Nahdliyin Kota Bandarlampung. Maka otomatis kami Nahdliyin itu pasti akan mengawal dan membela Bunda Eva.


Disamping penyampaian dari para tokoh Nahdliyin tersebut, sudah banyak diketahui bahwa selama ini Bunda Eva sangat dekat dengan kalangan Nahdliyin Kota Bandarlampung.


Bunda Eva juga diakui sangat konsern perhatiannya terhadap program keagamaan, sebut contoh program bantuan hibah untuk pesantren setiap tahun, pemberangkatan Umroh gratis, bantuan untuk kegiatan PHBI, setiap peringatan hari besar keagamaan di  Masjid se Kota Bandarlampung, pemberian insentif untuk Guru Ngaji dan Marbot Masjid, bantuan biaya pembayaran listrik Masjid se kota Bandarlampung, serta program lainnya yang ada kemaslahatannya untuk keagamaan di Kota Bandarlampung. (*)