Mantan Kapolda Lampung Ike Edwin Hadiri Manuver Lapangan Latihan Matra Udara lI Jalak Sakti Cakra dan Trisula Perkasa TA 2024

Mantan Kapolda Lampung Ike Edwin Hadiri Manuver Lapangan Latihan Matra Udara lI Jalak Sakti Cakra dan Trisula Perkasa TA 2024

wartapalapa
Selasa, 11 Juni 2024

 

Warta-palapa.com, Tulangbawang 
Pangkalan Udara (Lanud) Pangeran M Bunyamin Lampung, menjadi pusat kegiatan Manuver Lapangan Latihan Matra Udara lI "Jalak Sakti" Cakra dan Trisula Perkasa TA 2024, untuk wilayah Pangkoopsud l, Selasa (11/06/2024).

Kegiatan tersebut diselenggarakan berdasarkan:
a). UU RI nomor 34 Tahun tentang TNI pasal 7 ayat 2 tentang tugas pokok TNI dalam operasi militer selain perang, butir "b" nomor 8 membantu tugas Pemerintah di Daerah.
b). Surat perintah Pangkoopsudnas nomor Sprin/554/III/2024 tanggal 15 Maret 2024 tentang, perintah merencanakan dan menyelenggarakan Latihan Matra Udara Koopsud l "Jalak Sakti" TA 2024 sesuai direktif.
c). Telegram Pangkoopsud l nomor T/1888/2024 tanggal 23 Mei 2024 tentang pelaksanaan Latihan Matra Udara II Koopsud I "Jalak Sakti" TA 2024.

Adapun Kegiatan Latihan Matra Udara II "Jalak Sakti" TA 2024 yang di selenggarakan di Lanud Pangeran M Bun Yamin  dihadiri dan disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M Tonny Harjono S.E., M.M.

Manuver Latihan Matra Udara II memperlihatkan keterampilan prajurit TNI AU yang tergabung dalam Komando Pasukan gerak cepat (Kopasgat) untuk menyelesaikan segala macam tugas di medan tempur.

Dalam kesempatan itu juga, Kasau Marsekal TNI M.Tonny Harjono S.E., M.M., menyerah secara simbolis bantuan sosial berupa 1.500 paket sembako.

Sementara itu,  Danlanud Pangeran M Bun Yamin Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir.

"Atas nama keluarga besar Lanud Pangeran M Bun Yamin, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir mengikuti kegiatan ini," ucap Yosi.

Kegiatan yang dipusatkan di KM l Site PT Indolampung Lanud Pangeran M Bun Yamin tersebut dihadiri  oleh salah satu putra dari Perintis Pangkalan TNI AU di Lampung, yang namanya diabadikan menjadi nama Lanud Pangeran M Bunyamin yakni Irjen Pol (Purn) Dr Ike Edwin S.IK., S.H., M.H., atau yang akrab disapa Dang Ike.

Menurut Dang Ike, merupakan kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar pada khususnya dan Masyarakat Lampung pada umumnya, atas diabadikannya nama Ayahanda menjadi nama Pangkalan TNI AU di Provinsi Lampung.
 

"Pemberian nama Pangkalan TNI AU di Lampung ini dengan mengabadikan nama Ayah kami, bukan atas permintaan atau usulan dari keluarga, tapi atas permintaan atau usulan dari TNI AU itu sendiri sebagai penghargaan negara atas jasa-jasa ayah kami dalam merintis dan memperjuangkan adanya pangkalan TNI AU di Lampung," Pungkas nya.

Dang Ike juga menjelaskan "Jadi Ayah saya itu bukan hanya Anggota perwira TNI AU, tapi beliau adalah salah satu putra asli Lampung yang ikut berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. Dan atas perhatian dan penghargaan Negara Indonesia, Ayah saya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Tanjung karang."

Mantan Kapolda Lampung 2016 itu juga mengucapkan "Selamat dan sukses buat TNI AU yang telah melaksanakan Latihan Matra Udara II Jalak Sakti TA 2024, semoga TNI AU semakin jaya dan tangguh dalam menjaga wilayah teritorial NKRI."

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangdam lI/Swj, Forkompinda Provinsi Lampung, diantaranya Gubernur Lampung, Kapolda Lampung, Dansat Brimob Polda Lampung, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Danlanal, Danbrigif, Kejati, Danrem 043/Gatam.

Sementara dari Forkompinda Kabupaten Tulangbawang diantaranya, PJ Bupati Tulangbawang, Kapolres Tuba, Dandim, Ketua DPRD Tuba, Rektor Universitas Mego Pak, dan beberapa pemimpin perusahaan yang ada di Kabupaten Tulangbawang. 

Pertunjukan kegiatan latihan Matra Udara II Jalak Sakti TA 2024, disaksikan oleh ribuan Masyarakat Tulangbawang yang tinggal di sekitar Lanud Pangeran M Bun Yamin, dan menjadi tontonan yang menarik dan meriah. (Pnr)